Sukses

Komentar Gareth Southgate usai Inggris Lolos ke Semifinal Piala Dunia 2018

Timnas Inggris menang 2-0 atas Swedia di fase perempat final Piala Dunia 2018. Sejarah 28 tahun silam kembali terulang.

Jakarta - Butuh 28 tahun bagi Timnas Inggris kembali menjejakkan kaki ke semifinal Piala Dunia. Usai menang 2-0 atas Swedia dalam laga perempat final Piala Dunia 2018 di Samara Arena, Rusia, Sabtu (7/7/2018) malam, pelatih The Three Lions meluapkan perasaan bahagia. 

"perasaan saya luar biasa", kata Gareth Southgate kepada BBC Sport dalam sesi wawancara pasca laga.

Gol kemenangan Inggris dicetak Harry Maguire (30') dan Dele Alli (58'). Inggris sekarang harus bersiap untuk pertandingan penting di Moskow pada Rabu (11/7/2018) melawan pemenang perempat final antara tuan rumah Rusia dan Kroasia.

"Laga semifinal di Moskow akan menjadi pertandingan luar biasa," kata Southgate.

"Saya berharap semua orang di rumah menikmati malam ini karena tidak sering ini terjadi. Ini adalah perasaan yang luar biasa," tambahnya.

Gareth Southgate menyebut duel kontra Swedia terasa berat bagi tim asuhannya.

"Sejak awal kami tahu itu akan menjadi pertandingan yang berbeda setelah perpanjangan waktu dan penalti melawan Kolombia, yang sarat emosi menguras energi," kata Southgate.

"Kami menghadapi tim yang mengandalkan ketahanan fisik. Kami memang menguasai pertandingan, akan tetapi tidak mudah membongkar pertahanan mereka. Swedia adalah tim yang organisasi permainannya sangat baik."

Inggris mendominasi jalannya pertandingan. Mereka unggul penguasaan bola 58 berbanding 42 persen. Sepanjang laga Hary Kane cs. melayangkan 12 kali tembakan. Swedia hanya mampu melakukan setengahnya. Passing Timnas Inggris juga yahud, menembus angka 501 berbanding 366 dengan kubu lawan.

Sumber: BBC

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.