Bungkam Vietnam, Timnas Indonesia U-19 Lanjutkan Tradisi Viking Clap

Oleh Wiwig Prayugi pada 07 Jul 2018, 22:38 WIB
Timnas Indonesia U-19

Sidoarjo - Timnas Indonesia U-19 membuat publik Sidoarjo berpesta pada malam ini, Sabtu (7/7/2018), setelah meraih kemenangan atas Vietnam pada laga Grup A Piala AFF U-19 2018 di Stadion Gelora Delta.

Kemenangan ini mengantarkan Indonesia ke semifinal dengan poin 12. Indonesia juga menjadi tim yang mempertahankan kemenangan sejak partai pertama.

Setelah laga berakhir, tim besutan Indra Sjafri kembali merayakan kemenangan dengan melakukan viking clap. Sebelumnya, mereka melakukan aksi tersebut setelah menang atas Filipina 4-1 (5/7/2018).

Viking clap kali ini dipimpin sang kapten, Nurhidayat Haji Haris, dan tim pelatih, dengan sebuah drum. Seluruh pemain dan ofisial membentuk posisi melingkar di tengah lapangan.

Ribuan penonton yang memerahkan Gelora Delta pun sangat kompak mengikuti arahan. Momen ini membuat suasana semakin meriah dan haru. Pemain Indonesia, semisal Muhammad Riyandi dan Rafli Mursalim, tak kuasa menahan air mata setelah melewati perjuangan melelahkan untuk mengalahkan tim unggulan.

Kemenangan ini juga sebagai ajang balas dendam atas kekalahan mereka pada ajang yang sama edisi tahun lalu. Pada Piala AFF U-19 2017 di Myanmar, Indonesia kalah 0-3 dari Vietnam.

Duel Indonesia kontra Vietnam memang berjalan sangat ketat sejak menit awal. Kedua tim menunjukkan determinasi tinggi dan disiplin di lini pertahanan, sehingga tak ada gol yang tercipta pada babak pertama.

Indonesia baru bisa memecahkan kebuntuan pada menit ke-80 melalui aksi Rafli Mursalim yang baru dimasukkan pada babak kedua. Gol Rafli berawal dari aksi gemilang Todd Ferre, yang melakukan aksi individu dan melepaskan tembakan ke gawang. 

Bola mengenai tiang dan Rafli langsung menyambut dengan tendangan akurat yang berujung gol.

Kemenangan Timnas Indonesia U-19 disambut 25.152 penonton yang memadati Stadion Gelora Delta. Laga ini memang menyedot perhatian masyarakat yang sejak siang pagi untuk mendapatkan tiket.

Timnas Indonesia U-19 masih harus melewati satu ujian berat sebelum berlaga di semifinal. Witan Sulaiman dkk. bakal menghadapii Thailand pada Senin (9/7/2018) di Stadion Gelora Delta untuk memastikan posisi sebagai juara atau runner-up Grup A.

Video Populer Bola

Tutup Video