Sukses

Bungkam Swedia, Inggris Lolos ke Semifinal Piala Dunia 2018

Di semifinal Piala Dunia 2018, mereka akan bertemu pemenang laga Rusia melawan Kroasia.

Liputan6.com, Samara - Timnas Inggris kini semakin dekat dengan gelar juara Piala Dunia 2018. Peluang mereka semakin terbuka usai menaklukkan Swedia pada perempat final di Samara Arena, Sabtu (7/7/2018) malam.

Tak tanggung-tanggung, tim besutan Gary Southgate itu memastikan tiket semifinal Piala Dunia 2018 dengan kemenangan 2-0. Bagi Inggris, ini adalah kali pertama mereka melaju ke semifinal Piala Dunia setelah edisi 1990.

Kini, Inggris tinggal menunggu lawan di semifinal Piala Dunia 2018. Pemenang dalam duel Rusia melawan Kroasia pada dinihari nanti yang berhak menantang The Three Lions.

Jalan Pertandingan

Swedia yang diprediksi bakal bermain bertahan justru lebih dulu membuat ancaman. Namun, umpan terobosan yang dilepaskan Sebastian Larsson di menit ketiga masih sulit dijangkau Viktor Claesson karena terlalu kencang.

Di menit ketujuh, giliran Inggris yang melakukan percobaan. Dele Alli mengirimkan umpan terobosan ke arah kotak penalti Swedia. Sayangnya, Harry Kane tak mampu menyambut umpan tersebut karena terlalu deras.

Swedia masih berani untuk bermain terbuka. Ancaman pun kembali diberikan di menit ke-12. Claesson melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang masih melambung tipis di atas gawang Inggris kawalan Jordan Pickford.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dua Gol Kemenangan

Sampai memasuki menit ke-18, belum ada peluang emas yang diciptakan kedua tim. Baik Swedia maupun Inggris masih berhati-hati dalam membaca permainan. Sampai menit ke-23, gawang Swedia nyaris kebobolan. Beruntung, kiper Robin Olsen mampu membaca arah bola tendangan Kieran Trippier.

Pada akhirnya, The Three Lions membuat publik di stadion bergemuruh di menit ke-30. Berawal dari sepak pojok Ashley Young, Harry Maguiere sukses mencetak gol lewat tandukan keras ke arah sisi kanan gawang Swedia kawalan Olsen.

Di menit ke-45, seharusnya Inggris bisa memperbesar keunggulan. Sterling lolos jebakan offside saat menerima umpan. Dua kali dapat kesempatan, dua kali pula ia gagal. Babak pertama pun ditutup dengan keunggulan 1-0 Inggris.

Babak Kedua

Tanpa butuh waktu lama, Inggris langsung menggandakan skor di menit ke-58. Proses serangan yang dilanjutkan dengan umpan manis Jesse Lingard mampu diteruskan Dele Alli lewat sundulan. Para pemain Swedia melakukan kesalahan dalam menerapkan jebakan offside.

Kebobolan dua gol, Swedia langsung melakukan dua pergantian sekaligus di menit ke-65. Ola Toivonnen dan Emil Forsberg ditarik dan digantikan dengan John Guidetti plus Martin Olsson.

Di menit ke-72, Swedia mendapatkan peluang emas untuk memperkecil ketertinggalan. Berawal dari skema serangan balik, Marcus Berg menerima umpan silang dari John Guidetti. Ia mampu mengontrol bola, tapi tendangannya dari jarak dekat mampu ditepis Pickford.

Memasuki menit ke-80, Inggris terlihat tak begitu berambisi untuk mendapatkan gol ketiga. Bahkan, Southgate juga memasukkan Erick Dier menggantikan Jordan Henderson dengan maksud memperkuat lini tengah. Keunggulan 2-0 Inggris pun sukses dipertahankan.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Swedia (4-4-2): Olsen; Granqvist, Lindelof, Augustinsson, Krafth (Jansson 85), Larsson, Ekdal, Forsberg (Olsson 65), Claesson, Berg, Toivonen (Guidetti 65)

Pelatih: Janne Andersson

Inggris: Pickford; Young, Walker, Trippier, Maguire, Stones, Henderson (Dier 85), Alli (Fabian Delph 77), Lingard, Kane, Sterling (Rashford 90+1)

Pelatih: Gary Southgate

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.