Sukses

4 Alasan Barcelona Wajib Boyong Juan Mata

Barcelona membutuhkan tambahan di lini tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Barcelona dikabarkan tertarik merekrut Juan Mata dari Manchester United. Klub Catalonia itu sebelumnya sudah berkali-kali tertarik menggunakan jasanya.

Menurut laporan, Barcelona ingin menjadikan Mata sebagai target utama setelah gagal mendapatkan Antoine Griezmann.

Selain itu, Mata juga bukan pemain favorit Jose Mourinho di Old Trafford. Untuk mendapatkan menit bermain, mantan pemain Chelsea itu mungkin harus pindah klub.

Minimnya kesempatan bermain mempengaruhi kepercayaan dirinya dan dia sudah tidak terlihat berbahaya lagi seperti beberapa tahun lalu.

Berikut ini empat alasan Barcelona harus rekrut Juan Mata seperti dilansir Sportskeeda:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Lebih Murah

Selama beberapa musim terakhir, klub Catalan berharap produk akademi mereka akan kembali. Mereka sejauh ini masih belum berhasil karena Bayern Munchen selalu berusaha mempertahankan sang pemain.

Mata adalah pilihan yang jauh lebih pragmatis dan lebih murah bila dibandingkan dengan Thiago. Jika diberi kesempatan, Mata bisa menunjukkan kelasnya. Pemain Manchester United itu memang lebih tua dari Thiago tapi Valverde bisa mendapatkan harga miring untuk pemain berusia 30 tahun itu.

Mata lebih berpengalaman dan bisa bermain melebar di sayap kanan. Thiago adalah gelandang bertahan sensasional tapi pergerakan Mata yang membuatnya sangat istimewa. Tidak seperti Thiago, dia lebih fleksibel dan bisa bermain di lini tengah atau peran yang melebar. Dengan Rakitic, dia akan menambah keseimbangan ke dalam skuad.

3 dari 5 halaman

MU Mencari Sayap Kanan Baru

Musim lalu, Mata membuat 28 penampilan untuk United di Premier League, tapi hanya bermain selama 90 menit sebanyak enam kali untuk Setan Merah. Jose Mourinho memainkan Mata di posisi sayap kanan tapi peran itu sepertinya tidak terlalu cocok untuknya.

Mata bermain sebagai pemain no.10 untuk Valencia dan Chelsea dengan menciptakan dan mencetak banyak gol di posisi di belakang striker. United sudah punya banyak pemain di posisi tersebut.

Kontrak Mata hanya tersisa satu tahun lagi di Old Trafford karena dia enggan meneken kontrak baru setelah tidak lagi masuk dalam rencana Jose Mourinho. United bisa menjual Mata untuk mendatangkan pemain sayap kanan yang lebih tepat.

4 dari 5 halaman

Opsi Bagi Valverde

Valderde tidak terlalu senang dengan performa buruk Andre Gomes sehingga itu akan memudahkan Mata untuk mendapatkan menit bermain di Camp Nou. Mata bisa membantu Barcelona dengan kemampuannya. Dia adalah pemain yang tidak kenal lelah sehingga akan sangat berguna untuk Valv erde.

Kualitas Mata bisa membantu mengembalikan kejayaan Barcelona di Eropa. Dia bisa bermain dengan formasi 4-4-2 dan 4-3-3. Dia bisa bermain dengan Phillipe Coutinho, Sergio Busquets, Ivan Rakitic di lini tengah atau berada tepat di belakang Luis Suarez dan Lionel Messi dalam 4-4-2 sehingga mengurangi beban La Pulga untuk menciptakan peluang.

Dengan 4-3-3, Mata bisa bermain di belakang Suarez dan bertukar peran dengan Messi memberikan stabilitas di lini tengah. Klub Catalan akan memiliki kedalaman yang sangat nyata dengan Mata.

Valverde bisa membantu Mata bermain dengan gaya permainan yang mengalir bebas seperti Barca. Setelah legenda klub, Andreas Iniesta meninggalkan Camp Nou, Mata bisa menggantikannya dengan mudah. Dia cepat, gesit, dan memiliki kemampuan passing yang luar biasa.

5 dari 5 halaman

Setiap Pihak Untung

Mengingat Mourinho tidak bisa memberikan kesempatan bermain reguler kepada Mata, tawaran bergabung dengan Barca mungkin akan sangat menarik.

Mata sudah berusia 30 tahun dan berada di masa puncaknya. Dia masih punya kesempatan beberapa tahun lagi untuk bermain di level tertinggi.

Mata akan memenangkan sesuatu di Barcelona. United tidak bisa memberikan hal itu kepada Mata karena mereka sedang melalui fase membangun bersama Jose Mourinho.

Dengan opsi yang lebih muda seperti Jesse Lingard dan Paul Pogba, Mata tidak akan bermain bermain di posisi no 10 dengan Setan Merah. Oleh karena itu, transfer Mata akan menguntungkan semua pihak yang terlibat.

United menjual pemain yang sudah tidak masuk dalam rencana mereka, Mata mendapatkan kesempatan bermain dan Barcelona mendapatkan pemain berkualitas.

 

Sumber: Bola.net

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.