Prediksi Persija Vs PSM: Pantang Buang-Buang Poin

Oleh Abdi SatriaBenediktus Gerendo Pradigdo pada 06 Jul 2018, 10:45 WIB
Diperbarui 06 Jul 2018, 10:45 WIB
Persija Jakarta Vs PSM Makassar
Perbesar
Liga 1 2018 Persija Jakarta Vs PSM Makassar (Bola.com/Adreanus Titus)

Jakarta Persija Jakarta akan menjamu PSM Makassar dalam pertandingan pekan ke-14 kompetisi Gojek Liga 1 bersama Bukalapak, yang berlangsung di Stadion Sultan Agung Bantul, Jumat (6/7/2018). Persija menargetkan tiga poin sebagai momen kebangkitan setelah kalah 1-3 dari Perseru Serui kalah di pertandingan terakhir mereka.

Persija menjamu PSM dengan kenyataan baru saja menjalani tiga laga tunda. Persija bermain imbang 1-1 dengan Persebaya Surabaya, menang 1-0 atas Persib Bandung, tapi akhirnya kalah 1-3 dari Perseru Serui dalam tiga pertandingan tunda tersebut.

Terbang ke Bantul langsung dari Serui, Persija Jakarta bertekad untuk meraih poin-poin yang sudah terbuang ketika menjamu PSM. Meski tanpa Marko Simic dan Sandi Sute yang tidak bisa tampil karena hukuman yang harus mereka jalani, Macan Kemayoran optimistis bisa meraih hasil maksimal.

"Kami baru datang dan sudah beristirahat dengan baik. Kami akan melihat kondisi pemain, siapa yang lebih fit dan siap bermain akan tampil dalam pertandingan ini. Beberapa pemain yang tidak saya bawa ke Serui bisa bermain karena memang kami menyimpan mereka tidak tampil lawan Perseru untuk menghindari mereka dari cedera," ujar Stefano Cugurra Teco.

Persija tetap mewaspadai PSM yang akan bermain tanpa jenderal lapangan tengah mereka, Wiljan Pluim. Sama seperti Sandi Sute di Persija, Pluim juga harus menjalani hukuman akumulasi kartu kuning dalam pertandingan ini.

"PSM tidak hanya memiliki satu pemain. Mereka pasti memiliki pemain lain yang kualitasnya bagus. Inilah situasi dalam sepak bola, kami pun juga memiliki pemain yang harus absen karena akumulasi kartu," ujar pelatih asal Brasil itu.

Sementara target tiga poin diungkapkan Maman Abdurrahman. Maman berharap Persija bisa meraih tiga poin untuk mengganti lima poin yang hilang dalam tiga laga tunda yang baru saja mereka jalani.

"Pertandingan ini bagus dan kami harus bekerja keras mengingat lawan adalah tim peringkat pertama. Kami harus menang untuk membuat jarak semakin dekat sekaligus mengganti poin-poin yang kami buang dalam pertandingan sebelumnya. Semoga kami menang," ujar bek Persija itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


PSM Bertekad Pertahankan Posisi di Puncak Klasemen

PSM Makassar
Perbesar
Dua pemain asing PSM Makassar, Steven Paulle (depan) dan Marc Klok saat sesi latihan resmi sebelum menghadapi Persija Jakarta di Stadion Sultan Agung Bant

PSM Makassar mengusung misi mengamankan puncak klasemen sementara Liga 1 2018 saat meladeni tuan rumah Persija Jakarta pada pekan ke-14 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat (6/7/2018).

Hal itu diungkapkan pelatih PSM Makassar, Robert Alberts. Menurut juru taktik asal Belanda ini, Persija memang bukan lawan yang mudah ditaklukkan.

"Tapi, saya sudah tekankan ke pemain agar selalu fokus memenangkan setiap laga," kata Robert.

Robert menambahkan, meski Persija baru saja melakoni tiga laga beruntun dalam sembilan hari, tidak berarti kekuatan Macan Kemayoran tergerus.

"Saya yakin pelatih Persija sudah mengantisipasinya. Dan, satu yang pasti, Persija diuntungkan sudah merasakan atmosfer kompetisi pasca liburan sedang PSM tidak," terang Robert.

Situasi yang dialami Robert justru agak pelik karena tidak bisa memainkan Wiljan Pluim, kreator serangan PSM yang absen karena akumulasi kartu. Untuk mengganti peran Pluim, Robert menunggu kondisi terakhir Rasyid Bakri atau M. Arfan. Keduanya akan berebut satu tempat untuk mendampingi duet reguler di lini tengah, Rizky Pellu dan Marc Klok.

Pada pertandingan ini, Robert kemungkinan besar memainkan dua pemain yang selama ini diparkir yakni M. Syaiful (kiper) dan Zulham Zamrun (penyerang sayap). Syaiful disiapkan untuk menganti peran Rivki Mokodompit yang bermasalah pada lututnya. Sedang Zulham dinilai sudah berada dalam kondisi bugar.

Sementara itu, Robert bakal kembali memaksimalkan kelebihan skuatnya dalam memanfaatkan bola mati. Pada tiga partai terakhirnya, PSM mencetak empat gol yang semuanya tercipta dalam proses bola mati. "Tapi, kami juga harus mewaspadai Persija juga karena mereka punya kelebihan yang sama," pungkas Robert.


Prakiraan Susunan Pemain

Prakiraan susunan pemain

Persija (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (kiper); Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman, Jaimerson Xavier, Rezaldi Hehanussa (belakang); Asri Akbar, Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu (tengah); Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Addison Alves (depan)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco

PSM (4-3-3): M. Syaiful (kiper) Zulkifli Syukur, Steven Paulle, Abdul Rahman, Reva Adi Utama (belakang); Rasyid Bakri, Marc Klok, Rizky Pellu (tengah); Zulham Zamrun, Guy Junior, M. Rahmat (depan)

Pelatih: Robert Rene Alberts

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya