Sukses

Penantian Panjang Ricardo Quaresma di Piala Dunia

Ricardo Quaresma harus menunggu 15 tahun untuk tampil di Piala Dunia.

Liputan6.com, Sochi - Nama Ricardo Quaresma memang tak setenar rekan senegaranya di Portugal, Cristiano Ronaldo. Usianya pun sudah tidak muda lagi, 34 tahun.

Dia sudah memperkuat Timnas Portugal sejak 2003. Ricardo Quaresma tercatat sudah mencatatkan 79 penampilan bersama Seleccao. Namun faktanya, Quaresma baru kali ini tampil di Piala Dunia.

Piala Dunia 2018 menjadi kejuaraan internasional ketiga yang diikuti Quaresma. Sebelumnya, dia tampil di Piala Eropa 2012 dan 2016.

Quaresma harus bersabar untuk tampil di Piala Dunia. Ya, dia harus menunggunya hingga 15 tahun. Namun, penantian panjangnya tidak mengecewakan.

Dia berhasil mencetak gol indah saat Portugal bermain imbang 1-1 melawan Iran di Mordovia Arena, Senin (25/6/2018) atau Selasa dini hari WIB pada laga pamungkas Grup B.

Pemain Besiktas itu menusuk dari sayap kanan, melakukan umpan satu-dua dengan Adrien Silva dan kemudian melepas tendangan trivela (tembakan dengan sisi luar kaki), bola melengkung masuk ke pojok atas tiang jauh. Gol itu sedikit banyak mirip dengan gol pertamanya bagi timnas Portugal pada Maret 2007 saat menghadapi Belgia.

"Saya telah menguasainya sejak saat saya dilahirkan," kata Quaresma soal tendangan yang sangat mencerminkan dirinya, dikutip dari Football 365.

Penampilannya itu membuat Quaresma terpilih sebagai man of the match. Tak hanya itu, dia juga membantu Portugal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 dengan status sebagai runner up Grup B.

"Saya rasa kami bermain dengan baik. Kami mencapai target untuk lolos dan sekarang harus menjalani recovery dan memikirkan pertandingan selanjutnya. Kami tahu sulitnya menghadapi Uruguay. Mereka adalah tim besar dengan para pemain besar," ujar Ricardo Quaresma.

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sempat Dibuang

Karier Quaresma terbilang naik turun. Dia pernah memperkuat tiga klub top elite Eropa, Barcelona, Inter Milan, hingga Chelsea.

Namun, kariernya sempat menurun pada 2013. Dia sempat terdampar di Uni Emirat Arab bersama Al Ahli. Quaresma mencatatkan dua gol dari 10 penampilan.

Bersama Al Ahli, banyak yang menganggapnya sudah berakhir. Itu sebabnya, nama Quaresma tidak dipanggil Portugal untuk tampil di Piala Dunia 2014.

Quaresma hanya semusim di Al Ahli. Sebelum kariernya diselamatkan klub Portugal, Porto. Dan sekarang, dia menjadi salah satu pemain andalan Besiktas.

 

 

3 dari 3 halaman

Bersinar Bersama Fernando Santos

Quaresma kembali bersinar setelah Portugal ditangani Fernando Santos. Di Piala Eropa 2016, Quaresma menjadi sosok penting bagi Portugal. Dia mencetak gol kemenangan atas Kroasia pada babak tambahan.

Dia juga mencetak gol penalti penentu kemenangan dalam adu penalti melawan Polandia. Pada partai final, Quaresma bahkan menjadi pengganti Ronaldo yang cedera pada babak pertama.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.