Sukses

Larangan Mengemudi Dicabut, Wanita Arab Saudi Jajal Mobil F1

Wanita Arab Saudi berkesempatan menjajal mobil F1.

Liputan6.com, Le Castellet - Peserta Formula 1 (F1), Renault, merayakan dicabutnya larangan mengemudi bagi wanita oleh Pemerintah Arab Saudi dengan mengundang Aseel Al-Hamad untuk menjajal mobil F1 Lotus. Al-Hamad menjadi wanita Arab Saudi pertama yang mengendarai jet darat tersebut.

Setelah beberapa dekade, pemerintah Arab Saudi akhirnya mencabut larangan mengemudi bagi kaum hawa. Ini bagian dari program Putra Mahkota, Pangeran Mohammed bin Salman memodernisasi beragam aspek dalam masyarakat Arab Saudi.

Al-Hamad mengemudi mobil Lotus F1 dalam rangka parade menjelang GP Prancis di Sirkuit Paul Ricard, Minggu (24/6/2018). Al-Hamad merupakan angota wanita Federasi Otomotif Internasional (FIA) di Komisi Motorsport.

Pertama-tama, Al-Hamad diberikan kesempatan untuk mengendarai mobil Renault Road. Kemudian, Al-Hamad juga diperbolehkan menjajal Formula Renault dan E-20.

"Ini adalah gerakan yang indah dari Renault dan F1 untuk mendukung hari yang bersejarah di Arab Saudi," ujar Al-Hamad disadur dari Motorsport.

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Era Baru di Arab Saudi

Al-Hamad mengaku amat bahagia dapat kembali berada di balik kemudi. Maklum, ia sudah tidak sabar lagi berkendara di jalan-jalan Arab Saudi.

"Saya di sini sebagai duta besar negara saya, dan saya berharap saya melakukan yang terbaik. Itu cara terbaik untuk memulai sebuah awal baru dan era baru," kata Al-Hamad.

3 dari 3 halaman

Gelar Grand Prix

Arab Saudi tidak identik dengan balapan motorsport. Tapi, Arab Saudi bakal menggelar Grand Prix Formula E, yang juga menjadi seri internasional pertama di negara beribu kota di Riyadh tersebut pada Desember 2018 mendatang.

Pertandingan ini juga bisa dilihat di Bukalapak

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.