Eks Striker Timnas Indonesia Berbagi Tips dengan Pemain Muda Sumut

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 23 Jun 2018, 19:35 WIB
Kurniawan Dwi Yulianto

Medan, - Legenda Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto, membagi tips dengan pemain terbaik di talent scouting Bola.com From North Sumatra to Belgium yang akan dikirim berlatih di klub Belgia, FC Verbroedering Dender. Menurut eks striker Timnas Indonesia itu, pemain yang nantinya terpilih harus menyiapkan mental dengan baik.

Kurniawan Dwi Yulianto ketika masih berusia muda pernah berlatih dan bermain di klub Eropa. Pemain jebolan Tim Primavera itu pernah berkarier di akademi Sampdoria Primavera dan juga bermain di klub Swiss, FC Luzern.

Menurut Kurniawan, secara teknik dan skill, pemain Indonesia sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pemain luar negeri. Namun, perbedaan yang mencolok adalah mental yang harus dibentuk sebagai calon pesepak bola profesional.

"Kalau saran dan tips dari saya sih harus dipersiapkan mental. Sebab, di sana kalau masalah teknik dan skill itu mungkin hampir di seluruh pemain muda di dunia sama, yang membedakan hanya mentalnya," kata Kurniawan kepada Bola.com di Medan, Jumat (22/6/2018).

"Bagaimana mental sebagai pemain profesional sejati. Di mana bisa mengatasi semuanya dengan sendiri misalnya tekanan saat latihan, kemudian harus atur jadwal latihan, pola makan dan lainnya, karena semua itu sangat menentukan performa mereka di lapangan nantinya," ucap pria yang semasa kariernya disapa Si Kurus itu.

Sebanyak 109 pemain muda Sumatra Utara akan bersaing meraih golden ticket untuk mendapatkan kesempatan berlatih di klub Belgia milik Sihar Sitorus, FC Verbroedering Dender.

Syaratnya, mereka harus mampu menunjukkan penampilan terbaik pada final talent scouting Bola.com From North Sumatra to Belgium yang akan berlangsung di Stadion Teladan, Medan, Minggu (24/6/2018).