Sukses

5 Fakta Menarik Kemenangan Jepang atas Kolombia di Piala Dunia 2018

Kemenangan 2-1 yang diraih Jepang atas Kolombia menghadirkan deretan fakta-fakta menarik.

Mordovia - Timnas Jepang membuka Piala Dunia 2018 dengan kemenangan 2-1 atas Kolombia pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Mordovia Arena, Selasa (19/6/2018) malam WIB.

Gol kemenangan Jepang dicetak Shinji Kagawa (penalti 6') dan Yuyu Usako (73'). Adapun gol dari Kolombia dibukukan oleh Juan Quintero.

Pada pertandingan tersebut, Kolombia harus bermain dengan 10 orang sejak menit ketiga. Penyebabnya adalah Carlos Sanchez yang mendapatkan kartu merah langsung karena berusaha menahan laju bola dengan tangan.

Unggul jumlah pemain menegaskan dominasi Jepang atas Kolombia. Statistik FIFA mencatat, tim berjuluk Samurai Biru memiliki 59 persen penguasaan bola, berbanding 41 persen milik Kolombia.

Jepang juga tampil atraktif dengan melepaskan 14 peluang yang enam di antaranya akurat. Sementara itu, dari total delapan peluang milik Kolombia, tiga di antaranya tepat sasaran.

Kemenangan ini membuat Jepang menjadi pemuncak klasemen sementara Grup H dengan raihan tiga poin. Tak hanya kemenangan, Timnas Jepang juga mampu menorehkan beberapa catatan apik pada laga tersebut.

Sumber: Opta

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa dengan kualitas HD di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta Menarik Kemenangan Jepang atas Kolombia

Berikut ini beberapa catatan apik dan rekor yang tercipta dalam kemenangan Jepang atas Kolombia versi Opta

1. Jepang menjadi negara Asia pertama yang mampu mengalakan tim Amerika Selatan di Piala Dunia.

2. Kiper Eiji Kawashima menjadi pemain paling tua Jepang yang tampil di Piala Dunia dengan usia 35 tahun 91 hari.

3. Keisuke Honda menjadi pemain pertama dari negara Asia yang mampu mencetak assist dalam tiga Piala Dunia sejak 1966.

4. Gelandang Kolombia, Carlos Sanchez menerima kartu merah setelah bermain selama 2 menit 56 detik. Carlos Sanchez menjadi pemain kedua sepanjang sejarah Piala Dunia yang menerima kartu merah tercepat setelah pemain Uruguay Jose Alberto Batista (54 detik).

5. Juan Quintero menjadi pemain pertama dari Kolombia yang mampu mencetak gol pada dua edisi Piala Dunia. (2014 dan 2018).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.