Sukses

Piala Dunia 2018: Southgate Sebut Wasit Tunisia Vs Inggris Tidak Adil

Inggris menang 2-1 atas Tunisia di laga perdana Piala Dunia 2018 di Rusia.

Liputan6.com, Moskow - Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, mengkritik wasit pertandingan penyisihan grup Piala Dunia 2018 antara Inggris melawan Tunisia dini hari tadi WIB. Southgate menilai timnya mendapatkan keputusan yang tidak adil dengan dijatuhi hukuman penalti.

Pada partai pembuka Grup G Piala Dunia 2018 dini hari tadi WIB, Inggris tampil dominan sejak awal laga. The Three Lions berhasil unggul terlebih dahulu di babak pertama berkat gol Harry Kane di menit-menit awal pertandingan.

Namun beberapa menit sebelum babak pertama berakhir, Inggris dijatuhi hukuman penalti setelah Kyle Walker dinilai menyikut Fakhreddine Ben Youssef. Ferjani Sassi yang ditunjuk menjadi algojo berhasil menuntaskan tugasnya dengan baik.

Southgate sendiri menilai bahwa keputusan itu merupakan keputusan yang tidak adil bagi timnya. "Kami berhasil memulihkan diri dari keputusan kejam wasit dan tetap menjaga ketenangan kami," ujar Southgate saat diwawancarai BBC Sport, seusai.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berat Sebelah

Southgate mengklaim bahwa Inggris seharusnya mendapatkan penalti juga di akhir babak kedua, karena Tunisia juga melakukan pelanggaran yang serupa kepada anak asuhnya.

"Saya rasa jika kejadian itu membuat kami mendapat penalti, seharusnya kami juga mendapatkan penalti di akhir pertandingan."

"Jika kami diberikan penalti maka turnamen ini akan menjadi turnamen yang menarik, karena ada pelanggaran yang serupa dilakukan mereka [Tunisia] di akhir laga."

 

3 dari 3 halaman

Mental Baja

Di kesempatan yang sama, Southgate juga memuji anak asuhnya yang tetap tenang meski mendapatkan penalti yang tidak adil tersebut.

"Di babak pertama kami benar-benar membangun serangan kami dengan baik, bukan hanya sekedar melepaskan bola ke kotak penalti lawan."

"Serangan kami menjadi ancaman yang nyata bagi mereka sepanjang malam. Kami mendapatkan hadiah yang pantas atas permainan kami tersebut."

Berkat kemenangan itu, Inggris menempati peringkat kedua klasemen sementara grup G. Jika mereka menang melawan Panama di akhir pekan nanti, maka mereka akan dipastikan lolos ke fase gugur.

Sumber: Bola.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.