Sukses

Piala Dunia 2018: Taktik Korsel Kecoh Mata-Mata Swedia

Korea Selatan akan berhadapan dengan Swedia di babak penyisihan Grup F Piala Dunia 2018.

Liputan6.com, Jakarta Korea Selatan segera mengawali kiprahnya di Piala Dunia 2018. Dalam debutnya di Grup F, Kesatria Taeguk bakal bertemu Swedia di Nizhny Novgorod Stadium, Senin (18/6/2018). 

Pelatih Korea Selatan, Shin Tae-yong, menargetkan kemenangan atas Swedia. Menurutnya, tiga poin bakal memberikan ketenangan bagi pasukannya menghadapi laga berikutnya.

Demi ambisi ini, Shin Tae-yong, hati-hati dalam membekali pasukannya. Dia tidak ingin starteginya diketahui pihak lawan. Seperti dilansir AS, Shin Tae-yong, bahkan meminta para pemainnya latihan dengan kostum yang berbeda demi mengecoh mata-mata Swedia. 

"Menurut pendapat saya, ketika melihat kami Asia, itu bisa menjadi salah satu alasannya," kata Shin Tae-yong saat jumpa pers jelang laga. "Saya pikir kami ingin membuat bingung timnas Swedia. Itulah alasan kenapa kami melakukan hal itu," beber Shin Tae-yong. 

Shin Tae-yong memanfaatkan kemiripan para pemainnya untuk mengecoh pengintai dari Swedia. Caranya dengan meminta pemain untuk mengenakan kostum dengan nomor punggung yang berbeda dari biasanya. "Ki Sung-yeung bisa saja dikenali sebagai Son Heung-min, tapi bagi pemain lain itu bisa jadi sangat membingungkan," bebernya.  

 "Orang Barat sangat sulit membedakan orang Asia, itulah mengapa kami lakukan itu."

Pada Piala Dunia 2018, Korea Selatan berada di Grup F. Setelah bertemu Swedia, Korea Selatan selanjutnya akan berhadapan dengan Meksiko dan Jerman. 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Saling Tuding

Memata-matai tim lawan memang sudah jamak berlangsung di Piala Dunia. Beragam cara yang dilakukan masing-masing negara untuk mengetahui kekuatan lawannya. Mulai dengan mengirim orang untuk mengintip sesi latihan hingga menggunakan alat yang super canggih.

Baik Swedia maupun Korea Selatan sebenarnya sama-sama saling klaim telah dimata-matai. Korea Selatan menuduh Swedia mengintip sesi latihan mereka, begitu juga sebaliknya. Dan menurut Shin, setiap pelatih selalu menginginkan informasi detail mengenai musuhnya.

"Saya pikir, semua pelatih merasa kalau tim lain memata-matai mereka. Kami ingin menganalisis tim lain dan kami melakukan apa yang perlu dilakukan untuk bisa menang, jadi alangkah wajar bagi kami untuk berusaha memahami tim lainnya," kata Shin Tae-yong. 

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Piala Dunia 2018

Jadwal pertandingan Piala Dunia 2018, Senin (18/6/2018) dan Selasa (19/6/2018) dini hari WIB.

Senin, 18 Juni 2018

Swedia Vs Korea Selatan - pukul 19.00 WIB

Live Trans TV

Belgia Vs Panama - pukul 22.00 WIB

Live Trans TV

Selasa, 19 Juni 2018

Tunisia Vs Inggris - pukul 01.00 WIB

Live Trans TV

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.