MotoGP Catalunya: Lorenzo Rebut Pole Position, Marquez Ungguli Dovizioso

Oleh Muhammad Wirawan Kusuma pada 16 Jun 2018, 20:06 WIB
Diperbarui 18 Jun 2018, 19:13 WIB
Jorge Lorenzo, Marc Marquez, MotoGP Catalunya

Barcelona - Pembalap Ducati, Jorge Lorenzo, merebut pole position MotoGP Catalunya setelah menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi, Sabtu (16/6/2018). Sementara Marc Marquez mencatatkan hasil yang luar biasa dengan mengalahkan Andrea Dovizioso. 

Lorenzo merebut pole setelah menorehkan waktu lap 1 menit 38,680 detik. Dia unggul 0,066 detik atas Marquez yang menempati posisi kedua. Sedangkan Andrea Dovizioso berada di posisi ketiga dengan selisih 0,243 dari Lorenzo.

Hasil impresif juga didapat pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales. Pembalap Spanyol itu menempati posisi keempat dengan terpaut 0,465 detik.

Tak seperti Vinales, Valentino Rossi justru terpuruk. Dia menempati posisi ketujuh. Hal ini tak lepas dari kegagalannya memanfaatkan kesempatan terakhir pada kualifikasi kedua.

Meski Jorge Lorenzo tampil sebagai yang tercepat, acungan jempol layak disematkan kepada Marc Marquez. Dia berhasil menempati posisi kedua setelah mengawali perjuangan dari kualifikasi pertama.

2 of 3

Kualifikasi Pertama

Kualifikasi pertama (Q1) berlangsung menarik. Hal ini tak lepas dari kehadiran Marc Marquez. Jelas pembalap asal Spanyol ini dijagokan untuk lolos ke sesi berikutnya.

Pembalap Spanyol, Alex Rins, menjadi yang pertama mencatatkan waktu lap pada Q1. Dia menorehkan waktu 1 menit 41,730 detik.

Sementara Marquez tak impresif pada kesempatan pertamanya. Dia hanya menempati posisi ke-11 dengan terpaut 4,478 detik dari Aleix Espargaro yang sementara menjadi pebalap tercepat.

Namun, The Baby Alien tak membuang kesempatan. Dia menjadi pembalap tercepat dengan torehan waktu 1 menit 39,439 detik, unggul 0,437 detik atas Jack Miller.

Seperti yang sudah diprediksi, Marques lolos ke sesi kualifikasi kedua. Dia ditemani pembalap LCR Honda, Takaaki Nakagami.

 

3 of 3

Kualifikasi Kedua

Pada awal kualifikasi kedua (Q2), Maverick Vinales mencatatkan waktu lap terbaik dengan 1 menit 39,835 detik. Namun, tak selang lama Jorge Lorenzo mematahkan waktu terbaik Vinales. Pembalap Ducati itu menorehkan waktu 0,504 detik lebih cepat ketimbang Vinales.

Marc Marquez yang mengawali perjuangan dari kualifikasi pertama (Q1), membuat gebrakan. Dia menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 38,886 detik pada kesempatan pertamanya.

Pembalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco, mengalami insiden pada tikungan pertama. Dia gagal melakukan pengereman sempurna hingga meluncur ke gravel. Beruntung, Zarco tak mengalami kecelakaan dan bisa melanjutkan sesi kualifikasi.

Saat Q2 tersisa kurang dari tiga menit, Andrea Dovizioso mencoba mengalahkan catatan waktu Marquez. Sayang, pembalap asal Italia itu gagal. Dia terpaut 0,037 detik. Justru Marquez mempertajam catatan waktunya menjadi 1 menit 38,746 detik.

Jorge Lorenzo menjadi pembalap yang sukses mematahkan waktu lap terbaik Marquez. Rekan tim Dovizioso itu mencetak waktu lap 1 menit 38,680 detik.

Jelang Q2 berakhir, para pembalap mempertajam catatan waktu mereka, kecuali Valentino Rossi. Dia gagal mempertajam catatan waktunya karena nyaris terjatuh. Dia tak mampu memanfaatkan kesempatan terakhir untuk mendapatkan posisi start yang lebih baik.

Lorenzo mempertahankan posisinya sebagai pembalap tercepat pada sesi kualifikasi kedua. Diikuti Marquez, Doviziozo, Vinales, Andrea Iannone, Danilo Petrucci dan Rossi.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by