Sukses

6 Fakta Perjalanan Karier Julen Lopetegui di Timnas Spanyol

Berikut ini adalah data dan fakta Julen Lopetegui di timnas Spanyol.

Jakarta - Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) memecat Julen Lopetegui sebagai pelatih timnas Spanyol pada Rabu (13/6/2018) sore WIB. Pemecatan Lopetegui cukup mengejutkan karena beberapa jam jelang pembukaan Piala Dunia 2018.

RFEF memecat Lopetegui tak lepas dari pengumuman yang dilakukan Real Madrid. Manajemen Los Blancos menunjuk pria 51 tahun tersebut sebagai pelatih El Real pada Selasa (12/6/2018).

Dia menggantikan peran Zinedine Zidane yang memilih mundur setelah membawa Madrid meraih trofi Liga Champions musim ini. Lopetegui menandatangani kontrak berdurasi tiga musim bersama Real Madrid.

"Kami terpaksa melanggar perjanjian kami dengan Julen Lopetegui. Dia pelatih bagus. Tetapi, kami tak bisa menerima tingkah laku semacam ini," kata Presiden RFEF, Luis Rubiales.

"Kami baru mengetahui perihal keputusannya gabung Real Madrid, lima menit sebelum hal itu diumumkan. Kesepakatan itu pasti terjadi tanpa sepengetahuan kami. Saya tak merasa dikhianati, tapi beginilah seharusnya," lanjutnya.

Pemecatan Julen Lopetegui tersebut cukup mengejutkan. Apalagi, timnas Spanyol bakal menjalani laga perdana Grup B Piala Dunia 2018 kontra Portugal, di Fisht Olympic Stadium, 15 Juni 2018.

Demi menjaga kondisi tim tetap kondusif, RFEF langsung bergerak cepat dengan menunjuk pelatih baru. Legenda Real Madrid, Fernando Hierro, dipercaya untuk mengambil alih peran Julen Lopetegui sebagai pelatih.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berikut ini adalah data dan fakta Julen Lopetegui di timnas Spanyol:

20 - Lopetegui memimpin timnas Spanyol dalam 20 pertandingan. Dia berhasil membawa La Roja meraih 14 kemenangan dan enam hasil imbang.

25 - Sejauh ini hanya Luis Aragones yang memiliki catatan yang lebih baik dibandingkan Julen Lopetegui sebagai pelatih. Aragones berhasil mencatatkan 25 laga perdana tak terkalahkan bersama La Furia Roja.

61 - Timnas Spanyol mencetak 61 gol di bawah arahan Julen Lopetegui, dan tidak ada tim yang berhasil mencatatkan clean sheet saat bersua tim Matador.

13 - Tidak ada pemain yang memenangkan lebih banyak pertandingan bersama timnas Spanyol di bawah arahan Lopetegui, dibandingkan Sergio Ramos, yakni 13 kemenangan.

11 - Isco adalah pemain asal Spanyol yang paling produktif kedua di era kepelatihan Lopetegui, dengan mencetak sembilan gol dan dua assist. Sejauh ini, David Silva berada di posisi teratas dengan 12 gol dan enam assist.

7 - Tujuh dari skuat Real Madrid saat ini telah dipanggil untuk memperkuat timnas Spanyol di bawah asuhan Julen Lopetegui. Jesus Vallejo menjadi satu-satunya pemain yang belum tampil.

Sumber: FourFourTwo

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.