Bukan Celades, Fernando Hierro Jadi Pelatih Timnas Spanyol di Piala Dunia 2018

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 13 Jun 2018, 19:40 WIB
Fernando Hierro

Liputan6.com, Jakarta Mantan bek Real Madrid, Fernando Hierro, didapuk sebagai pelatih anyar Timnas Spanyol untuk Piala Dunia 2018. Hierro menggantikan posisi Julen Lopetegui yang dipecat hanya dua hari jelang pertandingan pertama Grup B melawan Portugal.

Sebelumnya, sempat beredar luas bahwa pelatih Timnas Spanyol U-21, Albert Celades yang akan mengisi pos pelatih kepala. Tapi, kabar tersebut terbantahkan. Hierro akhirnya resmi melatih skuat berjuluk La Furia Roja itu di Piala Dunia 2018.

Lopetegui dicopot dari jabatannya setelah diumumkan menjadi pelatih Real Madrid untuk musim depan. Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) menganggap Lopertegui tidak berkomunikasi dengan asosiasi terkait keputusan untuk melatih Madrid.

"Kami memutus kontrak Lopetegui. Semoga Anda beruntung," ujar Presiden RFEF, Luis Rubiales dinukil BBC.

"Negosiasi (antara Lopetegui dengan Real Madrid) telah terjadi tanpa ada informasi kepada RFEF," katanya menambahkan.

2 of 3

Profil Hierro

Fernando Hierro
Fernando Hierro

Karier melatih Hierro tidak terlalu mentereng. Sejak terjun ke dunia kepelatihan pada 2014 lalu, pria berusia 50 tahun ini hanya pernah sekali menjabat sebagai pelatih kepala.

Hierro pernah menjadi asisten pelatih Real Madrid pada 2014/15 lalu. Terakhir, mantan bek bertubuh gempal ini membesut klub divisi dua Liga Spanyol, Real Oviedo.

3 of 3

Tanggung Jawab Besar Hierro

Hierro memikul tanggung jawab besar untuk membawa Timnas Spanyol di Piala Dunia 2018. Dengan waktu adaptasi yang terbatas, menarik menunggu kiprah La Furia Roja di turnamen empat tahunan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓