Sukses

Resmi: Timnas Spanyol Pecat Julen Lopetegui Jelang Piala Dunia

Timnas Spanyol resmi memecat Julen Lopetegui dari kursi pelatih hanya beberapa hari jelang Piala Dunia 2018.

Liputan6.com, Madrid - Timnas Spanyol resmi memecat Julen Lopetegui dari kursi pelatih hanya beberapa hari jelang Piala Dunia 2018. Federasi Sepak bola Spanyol (RFEF) kabarnya geram dengan pengumuman Lopetegui sebagai pelatih baru Real Madrid.

Presiden RFEF, Luis Rubiales kecewa terhadap pengumuman tersebut. Ia menilai, pengumuman itu tak tepat karena timnas Spanyol sedang bersiap turun di Piala Dunia.

"Kami terpaksa berpisah dengan pelatih tim nasional. Kami berharap yang terbaik untuknya," kata Rubiales seperti dilansir Guardian.

Kabarnya, Rubiales langsung kembali dari Moskow ke Krasnodar, yang jadi markas timnas Spanyol selama Piala Dunia 2018. Padahal, Rubiales saat itu sedang mengikuti Kongres FIFA.

Seperti diketahui, Real Madrid baru saja ditinggal Zinedine Zidane yang memutuskan mundur dari kursi pelatih. Beberapa nama seperti Arsene Wenger, Antonio Conte, dan Mauricio Pochettino sempat muncul sebagai suksesor.

Namun Madrid ternyata memilih Lopetegui sebagai pengganti Zidane. Pengumuman resmi soal Lopetegui dilakukan, Selasa (12/6/2018) waktu setempat.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanpa Sepengetahuan RFEF

Rubiales mengatakan, RFEF kecewa lantaran negosiasi Lopetegui dengan Real Madrid dilakukan secara diam-diam. Parahnya, kata Rubiales, RFEF diberitahu hanya beberapa menit sebelum pengumuman oleh Real Madrid.

"Negosiasi itu dilakukan tanpa sepengetahuan RFEF. Kami hanya diberitahu lima menti sebelum pengumuman resmi. Seharusnya ada tindakan yang dilakukan," ujar Rubiales.

3 dari 3 halaman

Dua Kandidat

RFEF pun sudah menyiapkan dua kandidat pengganti Lopetegui. Fernando Hierro dan Albert Celades menjadi calon terkuat.

Hierro saat ini menjabat sebagai Direktur Olahraga RFEF. Sementara, Celades berstatus sebagai Pelatih timnas Spanyol U-21.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.