Andalkan VAR, Wasit Longgarkan Aturan Offside pada Piala Dunia 2018

Oleh Aditya Wicaksono pada 13 Jun 2018, 07:20 WIB
Diperbarui 15 Jun 2018, 07:13 WIB
pierluigi_collina_130126afpc.jpg

- Ketua Komite Wasit FIFA, Pierluigi Collina, menjelaskan kalau asisten wasit sudah mendapat instruksi untuk tidak cepat mengangkat bendera ketika ada offside pada Piala Dunia 2018. Hal tersebut dimaksudkan agar permainan menjadi lebih menarik dan koreksi bisa dilakukan dengan menggunakan Video Assistant Referee (VAR).

“Jika anda melihat asisten wasit tidak mengangkat bendera, itu bukan karena mereka melakukan kesalahan, tetapi karena mereka menghormati arahan untuk tidak mengangkat bendera,” ujar Collina.

“Tentu saja hal tersebut terjadi dalam situasi khusus, yaitu ketika ada insiden offside yang sangat ketat dan ketika ada serangan yang menjanjikan.”

“Jika asisten mengangkat bendera, permainan akan terhenti. Jika bendera tidak terangkat, permainan terus berjalan dan mungkin terjadi gol. Tetapi, kami bisa melakukan koreksi dengan menggunakan VAR,” ungkap Collina.

Teknologi VAR resmi digunakan pada Piala Dunia 2018. Hal tersebut dimaksudkan untuk membantu kinerja wasit dalam mengambil keputusan agar tidak merugikan tim tertentu.

Penggunaan VAR tersebut akan menjadi sejarah karena kali pertama digunakan pada Piala Dunia. Sejauh ini, VAR masih menuai kontroversi.

Namun, Collina yakin kalau penggunaan VAR dapat menjadi solusi untuk mendapatkan hasil pertandingan yang adil pada Piala Dunia 2018.

Sumber: Sky Sports 

Video Pilihan Hari Ini

Olimpiade Tokyo akan diselenggarakan pada 23 Juli 2021