3 Syarat yang Harus Dipenuhi Calon Pelatih Anyar Real Madrid

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 12 Jun 2018, 20:30 WIB
Diperbarui 12 Jun 2018, 20:30 WIB
Zidane Asyik Nonton Final Prancis Terbuka

Liputan6.com, Jakarta Bek Real Madrid, Raphael Varane, mengakui sulit mencari sosok pengganti pelatih sebelumnya Zinedine Zidane. Menurutnya, siapa pun yang menggantikan Zidane sebagai pelatih berikutnya akan sangat sulit untuk menandingi catatan gemerlap pelatih asal Prancis itu.

Zidane mengambil alih jabatan pelatih Real Madrid pada bulan Desember 2015. Ia sukses mengangkat tiga gelar Liga Champions hanya dalam 30 bulan sebagai pelatih.

Total, Zidane sudah memenangkan sembilan trofi utama selama masa jabatannya yang singkat. Sebuah rekor yang menempatkannya di posisi kedua di belakang legenda Miguel Munoz sebagai pelatih paling sukses Real Madrid sepanjang masa.

Sekarang, ketika Real Madrid sibuk mencari pengganti Zidane setelah pengunduran dirinya yang tiba-tiba, Varane mengakui pelatih baru memiliki pekerjaan yang berat di tangannya.

Sebelumnya, banyak pihak yang mengajukan syarat untuk menjadi calon pelatih Real Madrid. Berikut 3 persyaratan yang harus dimiliki pengganti Zidane.

2 dari 4 halaman

Mampu Berevolusi

Zinedine Zidane
Zinedine Zidane berhasil membawa Real Madrid meraih trofi juara Liga Champions dalam tiga musim terakhir. (AP Photo/Pavel Golovkin)

"Pelatih seperti apa yang dibutuhkan Madrid? Saya pikir Anda membutuhkan pelatih yang baik!" kata bek tengah itu setengah bercanda kepada wartawan.

"Pelatih yang mampu berevolusi dalam konteks Real Madrid dengan banyak tekanan. Zizou melakukan sesuatu yang akan sulit dilakukan lagi. Kami tidak akan meminta pelatih baru untuk memenangkan begitu banyak trofi dalam waktu yang singkat. .

"Saya pikir ada pelatih yang sangat bagus di Eropa dan kami akan melihat siapa yang akan dipilih. Itu harus seseorang dengan karakter yang bisa naik ke tantangan."

3 dari 4 halaman

Cerdas

Zinedine Zidane
Zinedine Zidane resmi mundur dari jabatannya sebagai pelatih Real Madrid, Kamis (31/5/2018). (AP Photo/Borja B. Hojas)

Selain pelatih yang baik, kriteria pengganti Zidane juga harus sosok yang cerdas, berpengalaman, dan memiliki mental kuat bekerja di bawah tekanan.

Pasalnya, kritik dan cercaan kerap dilontarkan kepada Madrid andai tampil tak maksimal. Fans Madrid kerap menginginkan hasil yang maksimal. Selain itu, pelatih baru juga jelas dituntut harus bisa lebih baik dari pencapaian Zidane.

4 dari 4 halaman

Reputasi Bagus

Real Madrid, Liverpool, Liga Champions
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, berpose dengan trofi Liga Champions di Monumen Cibeles, Madrid, Minggu (27/5/2018). Real Madrid menggelar pawai kemenangan bersama fans usai menjuarai Liga Champions 2018. (AP/Francisco Seco)

Real Madrid selalu bermaterikan pemain-pemain bintang. Tak jarang pemain seperti ini memiliki ego tinggi.

Tentu ini tak akan mudah bagi pelatih baru Real Madrid. Untuk itu Perez mensyaratkan pelatih baru Los Blancos adalah dari mantan pemain atau pelatih yang punya reputasi bagus.

Zidane sukses menyatukan ruang ganti Real Madrid lantaran sebagian besar pemain El Real mengidolakan pria beralias Zizou itu ketika menjadi pemain.

Lanjutkan Membaca ↓