Sukses

Brasil dan Argentina Coba Hentikan Dominasi Eropa di Piala Dunia

Wakil Amerika Selatan sudah sembilan kali juara Piala Dunia.

Liputan6.com, Moskow - Brasil dan Argentina menjadi tumpuan Amerika Selatan untuk mengakhiri dominasi Eropa pada Piala Dunia. Jika mau melakukannya, kedua negara tersebut harus mengandalkan kekuatan masing-masing.

Kepala Kelompok Studi Teknis FIFA, Carlos Alberto Parreira, memberikan penilaian tersebut jelang Piala Dunia 2018 di Rusia, 14 Juni hingga 15 Juli mendatang.

"Jika mau melihat tim non-Eropa, maka kesempatan terbesar dimiliki Brasil dan Argentina. Brasil memiliki lini depan terbaik dengan (Philippe) Coutinho, Neymar, Gabriel Jesus, (Roberto) Firmino, dan (Douglas) Costa," kata Parreira dikutip situs resmi FIFA.

"Tidak ada tim selain Brasil yang punya daya serang sebesar itu. Sedangkan Argentina sedikit diremehkan karena buruk pada kualifikasi. Tapi mereka punya tradisi dan pemain terbaik dunia (Lionel Messi)," sambungnya.

Italia, Spanyol, dan Jerman memenangkan tiga edisi teranyar Piala Dunia untuk menambah koleksi tim Eropa pada rivalitas dengan Amerika Selatan. Dengan begitu, Eropa kini sudah menjadi juara 11 kali, unggul dua titel atas Amerika Selatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Butuh Keseimbangan

Selain ketiga negara tersebut, Eropa juga berkibar berkat Italia, Inggris, dan Prancis. Sementara Brasil, Argentina, dan Uruguay mengharumkan Amerika Selatan.

"Tentu, banyak elemen diperlukan jika mau juara. Butuh keseimbangan dalam tim," ungkap Parreira.

 

3 dari 3 halaman

Capaian Kawasan lain

Tidak ada juara Piala Dunia dari luar dua kawasan tersebut. Capaian terbaik Amerika Utara dicapai Amerika Serikat dengan menduduki peringkat tiga 1930.

Korea Selatan membuat Asia bangga setelah masuk semifinal 2002. Sedangkan Afrika mencapai perempat final bersama Kamerun (1990), Senegal (2002), dan Ghana (2010).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.