Sukses

Xavi: Messi Tidak Perlu Menangkan Piala Dunia

Tanpa trofi Piala Dunia, Messi dinilai tetap sebagai pemain terbaik dalam sejarah sepak bola.

Liputan6.com, Barcelona - Lionel Messi sudah memenangkan semua gelar juara bersama Barcelona. Mulai dari Liga Spanyol, Liga Champions, hingga Piala Dunia Antarklub.

Selain itu, Lionel Messi juga memenangkan penghargaan pribadi, di antaranya limia Ballon d'Or. Tapi, pemain yang dijuluki La Pulga itu belum pernah sekali pun meraih gelar juara bersama timnas senior Argentina.

Messi nyaris memenangkan trofi Piala Dunia di Brasil pada 2014 lalu. Sayang, Argentina takluk 0-1 dari Jerman di final melalui babak perpanjangan waktu.

Tahun ini, Messi berkesempatan untuk memenangkan gelar bergengsi itu bersama Argentina di Rusia. Namun, Xavi Hernandez mengklaim Messi tidak perlu memenangkan Piala Dunia untuk menjadi yang terbaik dalam sejarah, di atas rekan senegaranya Diego Maradona.

Seperti diketahui, Maradona membawa Argentina menjuarai Piala Dunia 1986. "Lionel Messi tidak membutuhkannya (Piala Dunia)," kata Xavi kepada La Nacion.

"Dia yang terbaik dalam sejarah. Saya belum melihat orang yang lebih baik dari dia. Saya mengerti pertimbangan untuk Maradona. Dia telah dan merupakan idola bagi semua."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Seperti Maradona

"Apa yang dia (Maradona) lakukan dengan Argentina masih mengungguli apa yang telah dicapai pemain generasi saat ini. Itulah mengapa ada orang yang mengatakan bahwa Messi tidak melakukan apa yang dilakukan Maradona," Xavi menambahkan.

"Saya mengerti, tetapi pada level sepak bola, Messi melakukan apa yang dilakukan Maradona 30 tahun lalu. Tetapi, pada 2018 harganya dua kali lipat karena dari sudut pandang taktis, fisik, teknis dan mental, semua pemain lebih baik."

3 dari 3 halaman

Pemain Serba Guna

Xavi mengatakan Messi merupakan pemain yang serbaguna. Tak hanya sebagai striker, dia dinilai cukup bagus untuk bermain sebagai gelandang karena kecerdasannya.

"Messi dapat memainkan peran Xavi, (Ivan) Rakitic, (Sergio) Busquets, (Andres) Iniesta atau (Luis) Suarez. Dia melakukan segalanya dengan benar," ucap mantan Messi di Barcelona itu.

"Dia adalah pemain yang tidak bisa dibandingkan dengan siapa pun. Dia seperti Maradona pada masanya, seperti Pele pada masanya. Saat ini, dia sudah menjadi pemain sepak bola terbaik dalam sejarah," tandas Xavi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.