Sukses

Riko Simanjuntak Dipaksa Jalani Debut di Timnas Indonesia U-23

Asisten pelatih Timnas Indonesia U-23, Bima Sakti, mengakui Riko Simanjuntak tak dimainkan saat bersua Thailand U-23, Kamis (31/5/2018).

Jakarta - Asisten pelatih Timnas Indonesia U-23, Bima Sakti, mengakui terlalu memaksakan Riko Simanjuntak untuk bermain pada laga pertama uji coba kontra Thailand U-23 di Stadion PTIK, Kamis (31/5/2018). 

Pada laga tersebut, Riko bermain pada menit ke-80 menggantikan Osvaldo Haay. Padahal, sehari sebelumnya Riko baru membela Persija Jakarta saat menghadapi Barito Putera dalam lanjutan laga Liga 1 2018 di Stadion 17 Mei, Banjarmasin.

Setelah membela Persija, Riko kemudian bertolak dari Banjarmasin menuju Jakarta pada Kamis (31/5/2018) pagi. Pemain 26 tahun kemudian langsung bergabung dengan skuat asuhan Luis Milla pada siang harinya.

"Riko sebenarnya dipaksakan main juga. Harusnya dia tak dimainkan (pada laga pertama melawan Thailand U-23) karena baru bermain bersama Persija ketika lawan Barito," kata Bima Sakti kepada wartawan di Jakarta, Jumat (1/6/2018).

Pelatih Luis Milla terpaksa memainkan Riko karena melihat kondisi Osvaldo Haay yang sudah menurun. Kehadiran Riko diharapkan bisa menambah daya gedor di sektor kanan Timnas Indonesia U-23.

"Itu karena Osvaldo sudah sedikit menurun fisiknya dan kami coba dia. Sebab, atas dasar pengamatan Luis Milla Riko sangat bagus kontribusinya (di sayap kanan) buat Persija," ucap Bima Sakti.

Riko Simanjuntak kemungkinan besar akan menjadi starter dalam pertandingan kedua melawan Thailand U-23 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Minggu (3/6/2018). Dengan kondisi fisik yang sudah bugar, gelandang Persija Jakarta itu diharapkan bisa berkontribusi lebih di Timnas Indonesia U-23.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.