Sukses

Usia Uzur, Beto Goncalves Sempat Tak Berpikir Bela Timnas Indonesia

Untuk pertama kalinya, Beto Goncalves akan berseragam Timnas Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Berseragam Timnas Indonesia tidak pernah ada dalam benak Alberto 'Beto' Goncalves sebelumnya. Kini, keadaan yang tidak pernah diduga-duga tersebut malah menjadi kenyataan.

Beto bersama lima pemain senior lainnya mendapatkan panggilan dari Luis Milla Aspas untuk masuk skuat Timnas Indonesia kelompok umur U-23 yang akan melakoni uji tanding melawan Thailand. Partai persabahatan ini bakal berlangsung di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan, Kamis (31/5/2018).

Menyadari usianya yang telah menginjak 37 tahun, maksud Beto untuk mengikuti proses naturalisasi ialah agar dapat memperkuat Sriwijaya FC dalam jangka waktu yang lama. Dengan status pemain lokal, peran striker kelahiran Brasil tersebut tidak akan tergerus oleh legiun impor.

"Rasanya senang sekali, karena ini kesempatan seorang pemain sepak bola, apalagi saya sudah berumur, hampir tidak terpikir bermain di Timnas Indonesia. Tapi Tuhan kasih kesempatan buat saya," ujar Beto.

"Jadi besok (hari ini, Red) kalau bisa bermain, saya akan bermain maksimal. Karena memang Timnas Indonesia sudah ada di dalam hati saya," katanya menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Panggilan Pertama

Awal tahun ini, Beto resmi menyandang Warga Negara Indonesia (WNI). Jadi, suatu yang wajar karena eks bomber Persipura Jayapura ini telah 13 tahun menetap di Tanah Air.

Selain membela Sriwijaya FC, Beto pernah berstatus mesin gol untuk Persipura. Kariernya sempat meredup akibat cedera sebelum diselamatkan oleh Persijap Jepara pada 2011 lalu dan kembali bersinar bersama Arema FC dua musim kemudian.

"Selama 13 tahun di sini, saya sudah dapat banyak di sini. Jadi saya bangga dan tinggal di Indonesia. Sekarang tinggal apa yang ingin saya buktikan untuk Indonesia," imbuh Beto.

3 dari 3 halaman

Karier Beto di Indonesia

Musim Klub Main Gol

2009/10: Persipura 28 18

2010/11: Persijap 14 4

2011/12: Persipura 34 25

2013: Arema FC 29 14

2014: Arema FC 26 12

2017: Sriwijaya FC 33 22

2018: Sriwijaya FC 11 4

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.