Sukses

Persija Belum Pasti Jamu Persib di Stadion PTIK

PT LIB hingga kini belum mendapat konfirmasi mengenai laga Persija kontra Persib di Stadion PTIK.

Liputan6.com, Jakarta - PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) menyatakan Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Jakarta belum dipastikan menjadi tempat menggelar laga Persija Jakarta melawan Persib Bandung, Sabtu (30/6/2018). PT LIB adalah operator Go-Jek Liga 1 2018 bersama BukaLapak.

"Sampai sekarang kami masih belum mendapatkan konfirmasi mengenai hal itu, apakah akan digelar di PTIK atau tidak," kata Direkrut Utama PT LIB Berlinton Siahaan soal laga Persija versus Persib di Jakarta seperti dinukil dari Antara. "Pembicaraan ini membutuhkan waktu karena PTIK memang menjadi alternatif. Tetapi, kepastiannya nanti akan diumumkan."

Berlinton melanjutkan, LIB terus berkomunikasi dengan berbagai pihak, terutama kepolisian. Ini mengingat sejarah pertemuan kedua tim kerap diiringi kisah tak sedap, terutama dari sisi rivalitas pendukung.

LIB menganggap Stadion PTIK sejatinya sudah memenuhi syarat untuk menggelar laga-laga Liga 1 2018. Itu dapat dilihat dari diizinkannya Bhayangkara FC menggunakan stadion tersebut sebagai kandang sejak awal Mei 2018.

Namun, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan untuk laga Persija kontra Persib, seperti kapasitas penonton. "Kapasitas PTIK itu kira-kira maksimal 2.000 penonton. Padahal untuk suporter Persija atau Persib 100.000 bangku saja sepertinya tidak cukup," ucap Berlinton.

"Akan tetapi, baik Persija maupun Persib harus menerima apa pun keputusan terkait stadion tempat digelarnya pertandingan," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

H-7 Laga

Direktur LIB Risha Adi Wijaya mengatakan sesuai regulasi, kepastian di mana suatu laga akan digelar harus didapat maksimal H-7 pertandingan. Artinya, pihaknya beserta klub dan semua pihak terkait punya waktu untuk berdiskusi dalam beberapa hari ke depan.

"Tentu yang menjadi prioritas LIB adalah kepentingan klub yang selama ini kami junjung tinggi," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Laga Tunda

Sebagai informasi, pertandingan Persija kontra Persib sejatinya berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, 28 Aprl 2018. Namun, laga itu tidak mendapatkan rekomendasi dari kepolisian karena jadwal berdekatan dengan Hari Buruh Internasional pada 1 Mei 2018.

LIB kemudian memutuskan untuk menunda laga tersebut dan memindahkan jadwalnya ke 30 Juni 2018. Bedanya, Persija tidak bisa menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno, yang biasanya menjadi markas klub Macan Kemayoran tersebut ataupun Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, sebagai kandang cadangan karena tengah disiapkan untuk Asian Games 2018.

Pihak manajemen Persija kemudian mengusulkan Stadion PTIK menjadi markas mereka untuk laga melawan Persib Bandung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.