Sukses

Barcelona dan Real Madrid Dituding Paling Jago Kritik Wasit

Barcelona dan Real Madrid bakal selalu mengejar wasit selama merasa tidak diuntungkan.

Liputan6.com, Madrid - Mantan kepala komite wasit federasi sepak bola Spanyol, Victoriano Sanchez Arminio mengungkapkan pengalaman selama memimpin kinerja wasit di Liga Spanyol. Dia mengaku miris dengan apresiasi klub terhadap wasit, apalagi melibatkan duel Barcelona atau Real Madrid.

Arminio menyoroti dua klub raksasa Spanyol, Barcelona dan Real Madrid. Menurutnya kedua klub itu adalah yang paling doyan mengkritik kinerja wasit dengan cara yang tidak tepat.

Dikatakannya, wasit di Liga Spanyol terus-menerus mendapat kritik berlebihan dari berbagai klub. Khususnya saat mereka memimpin laga El Clasico yang mempertemukan Barcelona dan Madrid.

Pada laga paling panas di Liga Spanyol itu, wasit harus berhati-hati sekaligus tegas dalam membuat keputusan yang tepat. Karena salah sedikit saja, salah satu klub akan terus mengkritik habis-habisan.

Arminio pun tak segan mengkritik Presiden Real Madrid, Florentino Perez dan Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu. Menurutnya, sebagai presiden dua klub besar, keduanya harus lebih berhati-hati dalam melayangkan kritik.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gunakan Media

"Saya hanya pernah berbicara dengan Florentino dan Bartomeu. Beberapa klub besar dan presiden mereka memiliki mekanisme komunikasi berbeda yang mereka gunakan," ungkap Arminio dinukil dari marca.

"Beberapa presiden menyampaikan maksudnya melalui media.Saya rasa Barcelona dan Madrid menekan wasit dengan cara yang sama."

"Keputusan yang dibuat tidak pernah mengganggu atau menguntungkan salah satu dari mereka dan keseimbangan di akhir musim adalah nol, saya pikir begitu," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Klub Kecil Lebih Keras

Selain kedua klub besar tersebut, ternyata wasit justru sering mendapat tekanan saat memimpin laga klub-klub kecil yang berjuang lolos dari zona degradasi. Bahkan mereka mengajukan protes yang lebih lantang lagi.

"Presiden klub-klub yang lebih kecil adalah yang paling sering melayangkan protes karena degradasi tidak sama dengan perebutan tempat Liga Champions."

"Berjuang melawan degradasi adalah situasi yang lebih serius,"katanya. (mrc/dre)

Sumber: Bola.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.