Sukses

Dominan di MotoGP 2018, Dovi Akui Kehebatan Marc Marquez

Dovi menilai Marquez memiliki keunggulan lebih dari pembalap lain di kelas MotoGP.

Liputan6.com, Meski baru lima seri, Marc Marquez sudah menunjukkan peluang besar dirinya untuk jadi juara dunia MotoGP 2018. Itu karena pembalap Repsol Honda tersebut sudah mencetak keunggulan yang signifikan atas para rivalnya.

Sebelumnya, persaingan pada MotoGP 2018 diprediksi bakal berjalan lebih sengit dari sebelumnya. Hal itu berkaca dari mulai meratanya persentase kemenangan setiap pembalap dalam beberapa musim terakhir.

Indikasi itu sempat terlihat dalam dua balapan awal musim ini. Setelah Andrea Dovizioso menguasai MotoGP Qatar, giliran pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow yang tampil sebagai pemenang pada MotoGP Argentina. Namun, tak ada lagi persaingan sengit yang terlihat dalam tiga balapan selanjutnya.

Kebetulan, tiga balapan tersebut dikuasai Marquez, pengoleksi empat gelar juara dunia MotoGP. The Baby Alien sukses merebut podium juara pada MotoGP Austin, Spanyol, dan terkini adalah Prancis.

Para rivalnya pun tak ada yang sungkan untuk mengakui kehebatan Marquez. Hal itu juga berlaku untuk pembalap Ducati, Andrea Dovizioso. Dengan gamblang pembalap Italia itu menyebut Marquez unggul dalam semua hal.

"Marquez sangat kuat di semua bidang dan dalam beberapa hal lebih unggul dari yang lain. Sebagai contoh, ia adalah satu-satunya yang sering menghindari kejatuhan dan satu-satunya pembalap yang begitu banyak terjatuh saat latihan, tapi sedikit dalam perlombaan." ujar Dovi, dikutip Tuttomotoriweb.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Membuat Perbedaan

Marquez kini memuncaki klasemen pembalap dengan koleksi 95 poin dari lima seri. Pesaing terdekatnya adalah Maverick Vinales yang terpaut 36 poin. Untuk mengatasi jarak besar itu, para rivalnya tentu berharap Marquez tertimpa banyak kesialan di 14 seri tersisa.

"Saya tak berpikir ia adalah yang terkuat dari semuanya. Jika tidak, saya tak bisa memikirkan soal kejuaraan dunia. Ketika seseorang seperti Marc menang seperti yang dilakukan di Le Mans dan urutan kedua dari Honda, Dani Pedrosa, terpaut 7 detik, itu berarti ia membuat perbedaan," tegas Dovi.

Selanjutnya, Marquez dan kawan-kawan akan melakoni balapan MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Minggu (3/6/2018). Ini adalah sirkuit di mana Marquez sering mengalami kesulitan. Di kelas MotoGP, baru sekali ia merebut podium juara di Mugello.

 

3 dari 3 halaman

Klasemen MotoGP 2018

1. Marc Marquez (Repsol Honda) 95 poin

2. Maverick Vinales (Movistar Yamaha) 59 poin

3. Johann Zarco (Movistar Yamaha) 58 poin

4. Valentino Rossi (Movistar Yamaha) 56

5. Danilo Petrucci (Pramac Ducati) 54

6. Jack Miller (Pramac Ducati) 49

7. Andrea Iannone (Suzuki) 47

8. Cal Crutchlow (LCR Honda) 46

9. Andrea Dovizioso (Ducati) 46

10. Dani Pedrosa (Repsol Honda) 29

11. Tito Rabat (Avintia Racing) 24

12. Alex Rins (Suzuki) 22

13. Pol Espargaro (KTM) 18

14. Jorge Lorenzo (Ducati) 16

15. Franco Morbidelli (Marc VDS) 16

16. Aleix Espargaro (Aprilia) 13

17. Hafizh Syahrin (Yamaha Tech 3) 13

18. Alvaro Bautista (Angel Nieto Team) 12

19. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 10

20. Mika Kalilo (KTM) 6

21. Scott Redding (Aprilia) 5

22. Bradley Smith (KTM) 5

23. Karel Abraham (Angel Nieto Team) 1

24. Thomas Luthi (Marc VDS) -

25. Xavier Simeon (Avintia) -

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.