5 Pemain yang Terpuruk di Musim 2017-18

Oleh Liputan6.com pada 29 Mei 2018, 08:20 WIB
Logo Liga Premier Inggris

Liputan6.com, Jakarta Musim kompetisi 2017-18 telah selesai. Manchester City berhasil menjuarai Liga Inggris dan Piala Liga. Tim-tim lain seperti Barcelona, Juventus dan PSG juga berjaya di kancah domestik. 

Mohamed Salah mencuri perhatian sepanjang musim sehingga mampu memenangkan PFA Player of the Year dan Sepatu Emas Liga Inggris. Sementara itu, Cristiano Ronaldo memimpin Real Madrid meraih juara Liga Champions lainnya.

Sayangnya, tidak semua pemain memiliki musim yang luar biasa. Meski musim ini menghasilkan banyak pemain yang luar biasa, tapi ada banyak pemain lainnya juga tidak bisa tampil sesuai dengan ekspektasi.

Beberapa pemain pada musim ini gagal menunjukkan performa yang mengesankan. Berikut ini lima pemain yang tak mampu tampil sesuai ekspektasi seperti dilansir Sportskeeda.

2 of 6

Tiemoue Bakayoko

Nazar Unik 7 Pesepak Bola Selama Berkarir
Tiemoue Bakayoko (AFP/Alberto Pizzoli)

Setelah musim yang mengesankan dengan AS Monaco di mana tim Prancis itu meraih gelar Ligue 1, Bakayoko pindah ke Chelsea selama musim panas 2017. Gelandang Prancis itu diharapkan bisa menunjukkan performa seperti saat masih di Ligue 1.

Bakayoko menampilkan performa yang bagus dalam beberapa pertandingan Premier League pertamanya. Namun, seiring berjalannya waktu, penampilannya justru memburuk.

Meski mendapatkan banyak kesempatan untuk membuktikan dirinya, sang gelandang merasa sangat kesulitan menunjukkan performa terbaiknya di klub barunya. Dia mencetak tiga gol dan tiga assist di semua ajang kompetisi pada musim ini.

Karena penampilannya yang kurang impresif, Bakayoko harus menemui kenyataan menit bermainnya menjadi berkurang di Stamford Bridge. Dia juga gagal masuk ke skuat Prancis untuk Piala Dunia di Rusia bulan depan.

3 of 6

Ousmane Dembele

Barcelona Gagal Menang di Markas Celta Vigo
Pemain Barcelona, Ousmane Dembele menghadapi Celta Vigo pada pertandingan leg pertama babak 16 besar Copa del Rey di Stadion Balaidos, Kamis (4/1). Lebih dulu mencetak gol, kemenangan Barca pupus usai Celta Vigo menyamakan skor 1-1. (AP/Lalo R. Villar)

Neymar meninggalkan Barcelona pada musim panas lalu dengan rekor transfer senilai 222 juta euro ke PSG. Untuk menggantikannya, Blaugrana mengeluarkan 105 juta euro untuk merekrut pemain muda Borussia Dortmund, Ousmane Dembele.

Tim Catalan mengira mereka berhasil mendatangkan pengganti Neymar. Namun, pemain Prancis itu justru mengalami start yang buruk di Camp Nou karena cedera.

Pemain berusia 21 tahun itu mengalami cedera parah pada saat starter keduanya untuk Blaugrana. Cedera itu membuatnya absen selama hampir dua bulan.

Setelah Dembele kembali pada bulan Januari, dia terpaksa harus absen lagi karena cederanya kambuh. Kali ini, dia harus menepi satu bulan sebelum akhirnya kembali ke tim utama.

Karena masalah cedera, Dembele tidak bisa menampilkan performa terbaiknya di Barcelona. Dia hanya mencetak empat gol dan enam assist di semua ajang kompetisi musim ini. Pemain yang dibeli sebagai pengganti Neymar itu tidak bisa memberikan dampak yang besar untuk klub barunya.

4 of 6

Alexandre Lacazette

Alexandre Lacazette
Alexandre Lacazette (doc. Arsenal FC)

Arsenal memecahkan rekor transfer klub ketika mereka mendatangkan striker Prancis, Alexander Lacazette pada musim panas 2017. The Gunners mengeluarkan 46,5 juta pounds untuk mendapatkan servis pemain Prancis itu dan membuatnya menjadi pemain termahal dalam sejarah klub pada waktu itu.

Harga yang mahal membuat pemain 26 tahun mempunyai beban yang besar di Stadion Emirates. Lacazette menjalani start yang bagus untuk karirnya di Arsenal, mencetak gol dalam pertandingan debutnya.

Dia mampu bermain bagus bermain dalam beberapa pertandingan berikutnya. Namun, mantan striker Lyon itu mengalami penurunan seiring berjalannya waktu sehingga membuat kesempatan bermainnya terbatas.

Nama Lacazette semakin meredup menjelang akhir musim. Dia hanya bisa mencetak 17 gol dan empat assist dalam 38 penampilan untuk The Gunners di semua ajang kompetisi pada musim ini.

5 of 6

Alvaro Morata

Kalahkan MU, Chelsea Raih Juara Piala FA
Penyerang Chelsea, Alvaro Morata mencium trofi Piala FA usai pertandingan melawan Manchester United pada babak final Piala FA di stadion Wembley di London (19/5). Chelsea mengalahkan MU 1-0. (AP Photo / Tim Ireland)

Alvaro Morata adalah salah satu superstar yang datang ke Premier League selama musim panas 2017. Setelah gagal masuk ke tim utama Real Madrid, Morata memutuskan untuk mengkuti jejak Cesc Fabregas dan Marcos Alonso di Chelsea.

Biaya transfernya cukup besar karena klub London harus membayar 60 juta pounds untuk mendatangkannya ke Stamford Bridge. Morata menjalani awal yang bagus untuk karirnya di Chelsea. Ia mencetak gol dan membuat assist pada debutnya di Premier League. Namun, penampilannya kemudian menurun seiring dengan berjalannya waktu.

Pemain Spanyol itu gagal menunjukkan performa yang sama seperti pada awal musim, sehingga mendapat banyak kritik. Akibatnya, klub kehilangan kepercayaan kepadanya dan merekrut Olivier Giroud dari Arsenal pada bulan Januari.

Morata menyelesaikan musim dengan mencetak 15 gol dan membuat enam assist dalam 47 penampilan untuk The Blues. Dia juga gagal masuk skuat Spanyol untuk Piala Dunia di Rusia pada bulan depan.

6 of 6

Alexis Sanchez

Turunnya Performa 5 Pesepak Bola Akibat Gemar Bersanggama
Alexis Sanchez (AFP/Lindsey Parnaby)

Salah satu berita utama pada bursa transfer musim dingin adalah kepindahan Alexis Sanchez dari Arsenal ke Manchester United dan Henrikh Mkhitaryan pergi ke arah sebaliknya. Pemain Chile itu dibeli oleh Jose Mourinho untuk memperkuat lini serang Setan Merah.

Di Old Trafford, Sanchez mendapat jersey nomor 7 yang terkenal dan menjadi salah satu pemain dengan gaji tertinggi di klub yang kabarnya mencapai 500 ribu pounds per minggu.

Sanchez diharapkan bisa memberikan dampak yang besar di klub barunya. Namun, dia masih belum bisa melakukannya sampai akhir musim.

Dia hanya bisa mencetak tiga gol dan tiga assist dalam 18 penampilan untuk Setan Merah dan performanya masih jauh di bawah ekspektasi. Pemain berusia 29 tahun itu juga tidak bisa membantu Chile untuk lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia pada bulan depan.

Sumber Bola.net

Lanjutkan Membaca ↓