Sukses

Liverpool Juara Liga Champions, Coutinho Ikut Kebagian Medali

Coutinho punya andil dalam kesuksesan Liverpool.

Liputan6.com, Kiev - Ada satu mantan pemain yang ikut berkontribusi dalam kesuksesan Liverpool melaju ke final Liga Champions 2017/2018. Sosok tersebut adalah Philippe Coutinho yang kini berseragam Barcelona.

Coutinho meninggalkan Liverpool setelah digaet Barcelona pada bursa transfer Januari 2018. Liverpool tak kuasa menjaga Coutinho karena Blaugrana melayangkan tawaran hingga 120 juta euro untuk tanda tangan Coutinho.

Sebelum hijrah, pemain asal Brasil itu punya peran vital bagi performa Liverpool, khususnya di Liga Champions. Ia ikut andil dalam kesuksesan The Reds melewati playoff dan fase grup hingga berhak tampil di babak gugur.

Tercatat, Coutinho sempat mengoleksi lima penampilan, lima gol, dan dua assist untuk Liverpool di Liga Champions, salah satunya adalah saat membukukan hattrick ketika anak asuh Jurgen Klopp menghajar Spartak Moscow 7-0 di Anfield, 6 Desember 2017.

Dilansir Liverpool Echo, kontribusi tersebut dinilai begitu penting dalam perjalanan Liverpool. Karenanya, jika The Reds sukses menghajar Real Madrid pada final di NSK Olimpijs'kyj, Kiev, Sabtu (26/5/2018) atau Minggu (27/5/2018) dini hari WIB, Coutinho juga akan kebagian medali pemenang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kiprah Coutinho

Jika ditotal, ia tampil dalam 347 menit bersama Liverpool di Liga Champions musim ini. Namun, masalah pembagian medali, itu juga tergantung pada Liverpool akan rela memberikannya kepada Coutinho atau tidak.

Di sisi lain, saat ini Coutinho juga tengah menikmati permainan terbaiknya bersama Barcelona. Tercatat, sudah 10 gol dan enam assist yang diberikannya. Ia pun ikut menikmati euforia menjuarai Liga Spanyol dan Copa del Rey musim ini.

Bagi Coutinho, itu adalah trofi pertamanya sejak 2010 saat masih memperkuat Inter Milan. Pasalnya, kala mengenakan seragam Liverpool, ia sama sekali tak sempat mengangkat sebuah gelar.

 

3 dari 3 halaman

Rapor Coutinho di Setiap Klub

Inter Milan: 47 caps, 5 gol, 4 assist

Vasco da Gama: 19 caps, 1 gol, 2 assist

Espanyol: 16 caps, 5 gol, 1 assist

Liverpool: 201 caps, 54 gol, 46 assist

Barcelona: 10 gol dan 6 assist dari 22 laga

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.