Sukses

Final Liga Champions dalam Deretan Angka

Duel seru akan terjadi di final Liga Champions: Real Madrdi vs Liverpool.

 

Kiev - Duel sengit akan terjadi di final Liga Champions 2018 di Stadion Olimpiyskiy, Kiev, Sabtu (26/5/2018). Raksasa Spanyol, Real Madrid akan ditantang kuda hitam dari Inggris, Liverpool.

Keduanya tercatat telah lima kali saling berhadapan di Piala/Liga Champions. Dari jumlah tersebut, The Reds lebih unggul dengan tiga kemenangan sedangkan Los Blancos dua kali meraih kemenangan.

Dari lima laga tersebut, satu di antaranya terjadi pada partai final Liga Champions (dulunya bernama Piala Champions) 1980-1981. Bermain di Parc des Princes, 27 Mei 1981, Liverpool sukses membungkam Real Madrid berkat gol tunggal Alan Kennedy pada menit ke-82.

Meski memiliki catatan pertemuan yang lebih baik, Liverpool diprediksi harus bekerja keras mengalahkan Madrid. Apalagi, klub asuhan Zinedine Zidane itu mengusung misi meraih trofi Liga Champions yang ketiga secara beruntun.

Jika mampu melakukan hal tersebut, El Real bakal menjadi klub pertama yang merengkuh tiga trofi Liga Champions berturut-turut. Selain itu, mereka juga bakal makin mengukuhkan diri sebagai klub tersukses di Liga Champions dengan 13 gelar.

Menghadapi final Liga Champions Real Madrid  diprediksi akan memainkan formasi 4-3-1-2 dengan mengandalkan Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema di lini depan. Sementara itu, Liverpool tetap menerapkan taktik 4-3-3, dengan berharap pada ketajaman Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Deretan Angka Jelang Real Madrid Vs Liverpool

70 - Secara keseluruhan, kedua tim telah mendulang 70 gol di Liga Champions musim ini. Dari jumlah tersebut, Madrid mencetak 30 gol dan Liverpool mengoleksi 40 gol.

5 - Kedua tim telah lima kali bersua di Piala/Liga Champions. Real Madrid berhasil dua kali meraih kemenangan, sedangkan The Reds menang dalam tiga pertandingan.

13.513 - Terakhir kali kedua tim saling berhadapan di final Piala/Liga Champions adalah pada 27 Mei 1981 atau 13.513 hari yang lalu. Pada saat itu, Liverpool berhasil mengalahkan Madrid dengan skor 1-0.

9 - Ini adalah untuk kesembilan kalinya laga final Piala/Liga Champions mempertemukan klub yang sama. Real Madrid tercatat telah empat kali menghadapi tim yang sama pada partai final Piala/Liga Champions, dan berhasil memenangkan tiga di antaranya.

31 - Ini akan menjadi laga final ke-31 untuk Real Madrid di turnamen Eropa. Sebelumnya, Madrid 15 kali tampil di final Piala/Liga Champions, dua kali di Piala UEFA, dua kali di Piala Winners, enam kali di Piala Super Eropa, dan lima laga final Piala Intercontinental.

 

3 dari 4 halaman

Deretan Angka Jelang Real Madrid Vs Liverpool

20 - Sementara itu, bagi Liverpool bakal menjadi laga final yang ke-20 di turnamen Eropa. Dari jumlah itu, The Reds sukses lima kali keluar sebagai juara.

14 - Tercatat ada 14 pemain Real Madrid yang pernah tampil di final Liga Champions. Di sisi lain, belum ada pemain Liverpool yang pernah berlaga di partai final Liga Champions.

29 - Real Madrid selalu mencetak gol secara beruntun dalam 29 pertandingan di Liga Champions. Terakhir kali mereka tak mencetak gol saat menghadapi Manchester City pada laga leg pertama semifinal Liga Champions 2015-2016.

3 - Rekor Jurgen Klopp menghadapi Real Madrid adalah tiga kemenangan, sekali imbang, dan menelan dua kekalahan.

 

4 dari 4 halaman

Deretan Angka Jelang Real Madrid Vs Liverpool

2 - Mohamed Salah telah dua kali bersua Real Madrid. Dari dua laga itu, Salah gagal mencetak gol dan selalu berakhir dengan kekalahan.

0 - Tidak ada pemain berkebangsaan Mesir yang pernah mencetak gol melawan Real Madrid. Salah berpeluang untuk menjadi yang pertama kali menorehkan hal tersebut.

11 - Cristiano Ronaldo telah 11 kali menghadapi Liverpool di semua kompetisi. Dari 11 laga itu, Ronaldo mencetak tiga gol.

0 - Ini akan menjadi pengalaman pertama Zinedine Zidane menghadapi Liverpool sebagai pelatih. Dia juga belum pernah bersua Liverpool ketika masih aktif bermain.

4 - Real Madrid telah empat kali tampil di Kota Kiev, dan semuanya menghadapi Dynamo Kiev. Catatan Madrid di Kota Kiev adalah satu kemenangan, satu kekalahan, dan dua kali seri.

Sumber: Marca/www.Bola.com

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.