Sukses

Eks Arsenal: Unai Emery Bukan Pilihan Aman

Eks Striker Arsenal, Alan Smith buka suara soal pilihan mantan timnya kepada sosok Unai Emery sebagai pengganti Arsene Wenger.

Liputan6.com, London - Eks Striker Arsenal, Alan Smith buka suara soal pilihan mantan timnya kepada sosok Unai Emery sebagai pengganti Arsene Wenger. Smith mengatakan, Emery bukan pilihan yang aman bagi Arsenal.

"Mereka telah memilih yang berpengalaman ketimbang yang masih hijau. Jelas, Mikel Arteta tampaknya tak ingin jabatan itu, tetapi Ivan Gazidis (CEO Arsenal,red) awalnya berbicara ingin pilihan yang berani dan tegas," ujar Smith seperti dilansir Sky Sports.

"Saya tak ingin menyebut Emery pilihan aman. Tak ada yang aman di sepa kbola, tetapi jika Anda melihat jejak rekamnya bersama Valencia dan Sevilla, dia telah melakukan hal luar biasa," kata Smith menambahkan.

Seperti diketahui, Arsenal kabarnya bakal memilih Emery sebagai pengganti Wenger yang mundur. Pilihan ini terhitung mengejutkan lantaran Arsenal awalnya disebut telah menunjuk mantan kapten tim mereka, Mikel Arteta sebagai pengganti Wenger.

Arteta bahkan disebut bakal mengajak Xabi Alonso untuk membantunya di Arsenal. Saat ini, Arteta sendiri masih berstatus sebagai salah satu asisten Manajer Manchester City, Pep Guardiola.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pelatih Hebat

Smith mengatakan, Emery adalah pelatih yang punya kualitas. Selain itu, Smith menduga, pemilihan Emery dikarenakan sang manajer merupakan sosok penurut.

"Dia jelas adalah pelatih yang hebat. Saya tahu, mereka tidak ingin manajer yang ingin membawa staf yang banyak dan mereka ingin manajer melakukan hal sesuai dengan keinginan mereka," ujar Emery.

Emery saat ini berstatus pengangguran usai mengundurkan diri dari Paris Saint-Germain (PSG). Selama di PSG, Emery sukses mempersembahkan tujuh trofi bagi Le Parisien.

3 dari 3 halaman

Jejak Karier Kepelatihan Emery

 Lorca Deportiva ( 2005-2006), presentase kemenangan: 48,6%

Almeria (2006-2008), presentase kemenangan: 46,4%

Valencia (2008-2012), presentase kemenangan: 48,6%

Spartak Moskow (2012), presentase kemenangan: 46,2%

Sevilla (2013-2016), presentase kemenangan: 51,7%

PSG (2016-2018), presentase kemenangan: 76,3%

Trofi

Sevilla: Liga Europa (3 kali)

PSG: Liga Prancis (1 kali), Coupe de France (2 kali), Coupe de la Ligue (2 kali), Trophee des Champions (2 kali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Unai Emery