Sukses

8 Fakta Menarik Jelang MotoGP Prancis: Rossi Catat Rekor Buruk

Beberapa fakta menarik layak diulas jelang menonton MotoGP Prancis.

Liputan6.com, Le Mans - Rangkaian sesi latihan bebas hingga kualifikasi MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans sudah digelar. Ada beberapa drama insiden kecelakaan yang terjadi selama para pembalap mengaspal di lintasan sepanjang 4,2 km tersebut.

Meski ada beberapa drama kecelakaan, namun itu tak menciutkan nyali pembalap untuk menaklukan Sirkuit Le Mans, Prancis. Seperti yang dilakukan Johann Zarco.

Pembalap Yamaha Tech 3 itu sukses merebut pole position pada balapan di kandangnya sendiri setelah mencatatkan waktu 1 menit 31.185 detik atau unggul 0,108 detik dari Marc Marquez, yang berada di urutan kedua.

Melihat hasil positif ini tentunya penikmat balap MotoGP di seluruh dunia tak ingin ketinggalan untuk menyaksikan balapan seri kelima yang akan berlangsung, Minggu (20/5/2018) malam WIB.

Tapi, sebelum dibuat deg-degan menyaksikan balapan MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, tak ada salahnya untuk mengintip fakta menarik jelang balapan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fakta Menarik

Berikut 8 Fakta Menarik Jelang Grand Prix Prancis:

1. Johann Zarco meraih pole position keempat kalinya di kelas utama MotoGP. Tapi, meraih catatan waktu tercepat di Sirkuit Le Mans merupakan pole position pertama kali buat pembalap Prancis di kelas Primer jelang balapan kandangnya sejak Christian Sarron pada kelas 500cc di Paul Ricard pada 1988.

2. Johann Zarco secara keseluruhan telah memulai dari barisan depan untuk balapan kesembilan berturut-turut. Dia juga tercatat sebagai pembalap Yamaha yang menempati posisi tertinggi di grid untuk keempat kalinya tahun ini.

3. Marc Marquez dari tim Repsol Honda berada di posisi kedua di grid, menyamai posisi start terbaiknya saat menjalani balapan di Qatar tahun ini. "Saya sangat senang, berada di posisi kedua mengingat Sirkuit Le Mans selalu menjadi salah satu trem yang buruk buat motor RC213V.

4. Danilo Petrucci dari tim Pramac Racing berada di barisan pertama atau tepatnya di urutan ketiga untuk kedua kalinya tahun ini. Dia bertujuan untuk menjadi pembalap Ducati pertama yang menang di Le Mans. "Target saya adalah tetap bersama pembalap di depan."

3 dari 3 halaman

Fakta Menarik Lainnya

5. Andrea Iannone menempati barisan kedua dan menempatkan empat pabrikan berbeda yang mengisi empat tempat teratas di grid untuk pertama kalinya sejak Valencia tahun lalu. Pembalap tim Suzuki itu bertujuan untuk memberi Suzuki podium keempat mereka berturut-turut untuk pertama kalinya di kelas utama sejak 1994.

6. Andrea Dovizioso akan memulai dari urutan kelima dan bertujuan untuk berdiri gagah di podium untuk kedua kalinya di Le Mans di kelas utama dan untuk pertama kalinya sejak Qatar tahun ini.

7. Pembalap tersukses di Sirkuit Le Mans dengan enam kemenangan yakni Jorge Lorenzo akan mulai dari posisi keenam.

8. Valentino Rossi akan memulai balapan seri kelima MotoGP di Sirkuit Le Mans dari posisi kesembilan. Ini merupakan hasil kualifikasi terburuknya di trek ini sejak tahun 2011.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.