Sukses

Guardiola Sanjung Gelandang Manchester City Setinggi Langit

Guardiola menilai Silva punya peran penting di City.

Liputan6.com, Manchester - Pep Guardiola tak sungkan memuji gelandang Manchester City, David Silva. Ia bahkan menyebut permainan Silva sebagai kombinasi antara dua legenda Barcelona, Andres Iniesta dan Xavi.

Setelah menunjukkan bakatnya bersama Valencia selama enam musim, Silva akhirnya memutuskan untuk menyeberang ke Premier League dan berlabuh di Etihad Stadium. Meskipun City cukup sering mengganti pelatihnya, namun Silva selalu masuk dalam starting line-up.

Meskipun telah menginjak umur kepala tiga, namun kualitas yang dimiliki Silva sama sekali tidak berkurang. Di bawah asuhan Guardiola musim ini, ia telah tampil dalam 40 pertandingan dan juga membuat 13 assist untuk City.

Kepiawaiannya mengolah bola membuat Guardiola teringat dengan dua penggawa Barcelona, Iniesta dan Xavi. Baginya, Silva merupakan campuran dari kedua sosok tersebut.

"Xavi adalah pemain dengan kontrol dan dinamika yang luar biasa, dia tidak bisa kehilangan bola. Dia bisa mengontrol ritme permainan, dan membaca permainan selagi berlari," ujar Guardiola kepada ESPN Brasil.

"Andres mirip, tapi selalu mengubah kecepatannya. Dan David Silta adalah campuran keduanya. David juga tahu kapan harus mengontrol dan kapan harus berlari," lanjutnya.

Seperti yang diketahui, Guardiola sempat menjadi pelatih Iniesta dan Xavi kala masih menjadi pelatih Barcelona dulu. Bersama keduanya, ia sukses merengkuh gelar juara Liga Champions sebanyak dua kali.

Sumber: Bola.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.