Sukses

Persija Punya Cara Khusus Mempertahankan Kebugaran Pemain Selama Ramadan

Pemain Persija akan menerima pola makan khusus selama Bulan Ramadan untuk menjaga kebugaraan.

Jakarta, - Persija Jakarta menyiapkan cara spesial untuk menjaga kebugaran pemain selama bulan Ramadan 2018. Dokter tim, Donny Kurniawan, menyebut pihaknya sudah menyiapkan pola makan khusus agar asupan gizi yang masuk tak mengganggu pola latihan meski seharian menunaikan ibadah puasa.

Baca Juga

  • Tembus Final AFC Cup, Pelatih Home United Berminat Melatih Persija
  • Bintang Home United, Shahril Ishak Masih Cinta dengan Persib
  • Pelatih Home United Kepincut Winger Mungil Persija

Donny menyebut, pihaknya sudah menyiapkan menu khusus berupa makanan-makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Hal itu dilakukan agar mengembalikan kadar gula darah yang hilang selama berpuasa. Selain itu, pria yang akrab disapa Doc Bro itu menyarankan agar para pemain lebih sering meminum air yang cukup ketika sahur dan berbuka.

"Pada dasarnya ketika berpiasa pastinya para pemain sudah tidak kaget lagi karena terbiasa bertahun-tahun seperti itu. Nah, untuk komposisi makanan saya tidak banyak mengubah. Yang harus diperhatikan saat kondisi berpuasa itu harus minum air yang cukup," kata Donny seperti dikutip situs resmi klub, Kamis (17/5/2018).

"Asupan buah-buahan akan mendominasi mengingat kandungan gula mudah diserap. Selain itu juga (akan disediakan) makanan seperti pasta karena mudah diserap," ujar Donny.

Selain itu, Donny mengaku sudah berkonsultasi dengan pelatih Stefano Cugurra Teco untuk menyesuaikan waktu latihan agar tidak mepet dengan jam berbuka. Sebab, tubuh memerlukan waktu untuk mengolah makanan berbuka sebelum berlatih.

"Jam latihannya pun sudah disesuaikan. Artinya ketika berbuka jam berapa ada fase di mana mengolah makanan itu menjadi energi. Sehingga latihan tidak terlalu mepet dengan waktu berbuka. Maka dari itu, coach menentukan latihan jam 8 malam lebih baik setelah salat taraweh," ujar Donny.

Persija Jakarta akan bertandang ke Stadion Surajaya untuk menghadapi Persela Lamongan pada Minggu (20/5/2018). Pertandingan tersebut akan digelar pada pukul 20.30 WIB, sesuai dengan instruksi dari operator liga soal pemunduran jadwal kick off selama bulan Ramadan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.