Kebobolan 8 Gol, Pelatih Persija Rindu Aksi Andritany

Oleh Ahmad Fawwaz Usman pada 16 Mei 2018, 13:00 WIB
Diperbarui 16 Mei 2018, 13:00 WIB
Ramdani Lestaluhu
Perbesar
Kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa, berusaha menenangkan Ramdani Lestaluhu yang kecewa usai disingkirkan Home United pada laga Piala AFC di SUGBK, Jakarta, Selasa (15/5/2018). Persija takluk 1-3 dari Home United. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta Persija Jakarta menelan kekalahan saat menjamu Home United di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Selasa (15/5/2018). Ini merupakan kali ketiga Macan Kemayoran keok saat tampil tanpa penjaga gawang andalannya, Andritany Ardhiyasa.

Saat ini Andritany memang tengah menjalani proses pemulihan. Ia mengalami cedera saat tampil bersama Timnas Indonesia U-23 melawan Uzbekistan dalam ajang Anniversary Cup, 3 Mei 2018. Cedera itu yang membuat Andritany harus absen tiga bulan.

Sial bagi Persija, para pelapis Andritany justru gagal memenuhi ekspektasi. Dalam tiga laga terakhir, Pelatih Persija, Teco Stefano Cugurra, dua kali memasang Rizky Darmawan dan satu kali memainkan Daryono. Tapi, dalam tiga laga itu Persija menelan kekalahan.

"Inilah sepak bola. Saat Anda kehilangan satu pemain, Andritany, kiper terbaik Indonesia, inilah yang terjadi," keluh pelatih Persija, Stefano 'Teco' Cugurra usai pertandingan.

Tanpa Andritany, Persija sudah kebobolan delapan gol dalam tiga pertandingan. Melawan Home United, Teco memasang Rizky yang justru membuat blunder fatal. Melawan Madura United, Daryono yang dimainkan juga kebobolan dua gol.

2 dari 2 halaman

Mental Bertanding

Persija Tersingkir dari Piala AFC 2018
Perbesar
Penjaga gawang Persija, Andritany meluapkan kekecewaan usai dikalahkan Home United pada laga kedua Semifinal Zona Asia Tenggara Piala AFC 2018 di Stadion GBK, Jakarta, Selasa (15/5). Persija kalah 1-3. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Teco menampik jika kualitas para kiper pelapis belum memadai. Saat melawan Home United pada leg kedua semifinal zona ASEAN AFC Cup, Rizky satu-satunya pilihan yang ia miliki menyusul cederanya Daryono.

"Saya pikir ia (Rizky) memiliki kualitas, tapi mungkin ia masih bermasalah dengan mental, belum siap. Tapi kualitas dan teknik ia miliki. Kami juga punya Daryono, tapi cedera saat melawan Madura. Ini bukan salah Rizky. Ini adalah (kesalahan) tim," kata Teco. 

Lanjutkan Membaca ↓