Gagal ke Final, Pelatih Persija: Ini Bukan Malam Kami

Oleh Ahmad Fawwaz Usman pada 15 Mei 2018, 22:30 WIB
Diperbarui 17 Mei 2018, 22:13 WIB
Persija

Liputan6.com, Jakarta Persija Jakarta harus melupakan ambisi mereka untuk lolos ke final zona ASEAN AFC Cup 2018. Itu setelah mereka menyerah 1-3 dari Home United pada leg kedua semifinal di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (15/5/2018).

Tanda-tanda buruk Persija sudah terlihat sejak awal. Laga baru berjalan enam menit, mereka sudah kebobolan gol Shahril Ishak. Gol itu tak lepas dari kesalahan kiper Rizky Darmawan saat menangkap bola.

Tim Macan Kemayoran sempat menyamakan skor lewat penalti Marko Simic di menit kesembilan.

Namun, mereka kembali kebobolan setelah wasit menunjuk titik putih akibat pelanggaran Rezaldi Hehanusa. Kesempatan itu dimanfaatkan Ishak untuk membawa Home United unggul 2-1.

Persija semakin tertekan setelah Jaimerson da Silva mendapat kartu kuning kedua di menit ke-37. Pada akhirnya, gawang Persija kembali kebobolan akibat aksi Song Ui-Young di menit ke-44.

Keunggulan 3-1 tim tamu bertahan hingga laga bubar. Home United pun memastikan keunggulan agregat 6-3.

"Saya ingin berterima kasih kepada orang yang datang untuk mendukung kami malam ini. Sayangnya malam ini bukan milik kami. Kami kehilangan kontroversi. Kami kebobolan gol cepat dan ada penalti yang jadi polemik. Jika seperti itu membuahkan penalti, dalam satu pertandingan tentu akan terjadi dua sampai tiga penalti," ujar pelatih Persija, Stefano 'Teco' Cugurra usai laga.

2 of 3

Wasit

Persija
Pemain Persija, Riko Simanjuntak (tengah) berebut bola dengan pemain Home United saat laga kedua Semifinal Zona Asia Tenggara Piala AFC 2018 di Stadion GBK, Jakarta, Selasa (15/5). Babak pertama Persija tertinggal 1-3. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Saat pertandingan berlangsung, berulang kali kubu Persija mengeluhkan kinerja wasit Turki Mohammed Alkhudhayr. Perdebatan pun kerap terjadi antara pemain Persija dan wasit. "Di babak pertama, wasit sempat menyuruh saya duduk di bench, jadi tidak boleh berjalan di area saya," jelas Teco.

Bagi Persija, ini adalah kekalahan ketiga yang mereka telan secara beruntun. Selain dua kali kalah dari Home United, mereka juga baru saja menyerah 0-2 dari Madura United pada pekan kedelapan Liga 1 2018.

3 of 3

Lolos ke Final

Persija Jakarta
Pemain Persija, Ismed Sofyan (kiri) berebut bola dengan pemain Home United saat laga kedua Semifinal Zona Asia Tenggara Piala AFC 2018 di Stadion GBK, Jakarta, Selasa (15/5). Babak pertama Persija tertinggal 1-3. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Di lain pihak, kemenangan atas Persija membuat Home United berhak lolos ke final zona ASEAN AFC Cup. Nantinya, mereka akan bertemu pemenang dari duel Ceres-Negros dan Yangon United yang baru akan bertanding esok hari. Saat ini Ceres-Negros tengah unggul 4-2.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by