Lawan Persija, Home United Siap Hadapi Tekanan Jakmania

Oleh Ahmad Fawwaz Usman pada 15 Mei 2018, 15:45 WIB
Dukungan The Jakmania

Liputan6.com, Jakarta Saat tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Persija Jakarta selalu mendapatkan dukungan penuh dari puluhan ribu The Jakmania. Pemandangan itu akan kembali terlihat saat Persija meladeni Home United.

Loyalitas Jakmania dalam memberikan dukungan untuk Persija tak perlu diragukan lagi. Di mana pun tim Macan Kemayoran bermain, di situ selalu ada dukungan dari Jakmania. Jadi, tak heran jika SUGBK selalu penuh sesak saat Persija berlaga.

Bahkan, jumlah Jakmania yang hadir dalam memberikan dukungan kepada Persija sempat memecahkan rekor penonton. Saat 60.157 penonton hadir di SUGBK kala melawan Johor Darul Ta'zim, 10 April 2018, itu jadi jumlah penonton terbanyak dalam sejarah perhelatan AFC Cup.

Jakmania pun dipastikan kembali memenuhi SUGBK saat Persija menjamu Home United pada leg kedua semifinal zona ASEAN AFC Cup 2018, Selasa (15/5/2018). Hal itu juga diantisipasi pelatih Home United, Aidil Sharin.

"Inilah sepak bola. Bagi saya, hal tersebut justru jadi inspirasi untuk pemain saya karena di Singapura, seperti yang kita tahu, maksimal hanya 2000-3000 penonton saja. Jadi ini akan jadi pengalaman bagus untuk pemain agar mereka bisa lebih percaya diri di hadapan suporter yang jauh lebih banyak dari di Singapura," ujar Sharin.

 

2 of 3

Tetap Menyerang

Shahril Ishak, Home United
Striker Home United, Shahril Ishak. (Facebook Home United)

Di sisi lain, Home United memiliki modal lebih bagus ketimbang Persija untuk lolos ke final. Itu karena mereka unggul agregat 3-2 berkat kemenangan pada leg pertama di Jalan Besar Stadium, 8 Mei 2018.

Dengan hasil itu, tim tamu hanya butuh hasil imbang untuk memastikan tiket semifinal. Namun, dua gol tandang juga jadi modal bagus untuk Persija. Anak asuh Stefano 'Tecu' Cugurra itu bisa lolos jika menang 1-0 di SUGBK.

"Pemain Persija punya potensi besar untuk menyerang. Kami punya rencana sendiri. Semua sudah disusun pelatih. Tinggal bagaimana bekerja sesuai instruksi pelatih. Kami tak akan bertahan saja. Kami akan menyerang. Pelatih pun sudah memberitahu soal rencananya," jelas kapten Home United, Shahril Ishak.

 

3 of 3

Prakiraan Susunan Pemain

Persija Jakarta (4-3-3): Rizki Darmawan (kiper); Ismed Sofyan, Jaimerson da Silva, Maman Abdurrahman, Rezaldi Hehanussa (belakang); Sandi Sute, Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu (tengah); Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Marko Simic

Pelatih: Stefano Cugurra Teco

Home United (4-2-3-1): Rudy Khairullah (kiper); Juma'at Jantan, Abdil Qaiyyim, Shakir Hamzah, Aqhari Abdullah (belakang); Izzdin Shafiq, Anumathan Mohan Kumar, Faritz Abdul Hameed, Shahril Ishak, Fazli Ayob (tengah); Song In-young (depan)

Pelatih: Aidil Shahrin

Lanjutkan Membaca ↓