5 Rekrutan Terbaik MU Setelah Era Sir Alex Ferguson

Oleh Liputan6.com pada 14 Mei 2018, 19:30 WIB
Perjalanan Kerasnya Laga Boxing Day Premier League

Liputan6.com, Jakarta Usai pensiunnya Sir Alex Ferguson, Manchester United (MU) boleh dibilang lebih mengandalkan kekuatan uangnya di bursa transfer. Perekrutan mereka beberapa di antaranya boleh dibilang brilian dan berhasil jadi penentu.

Selama lima tahun pasca-pensiunnya Fergie, MU memang mengalami pasang-surut performa. Tiga manajer berbeda telah mengisi kursi panas di Theatre of Dreams dan beberapa nama masuk serta cabut pada periode itu.

Uang yang dikeluarkan juga tak sedikit untuk membangun kembali pondasi tim. Ada yang gagal, tapi banyak juga yang berhasil jadi pemain utama. Rata-rata mereka yang sukses sampai saat ini masih jadi tulang punggung tim.

Lantas, siapa saja rekrutan terbaik MU setelah era Sir Alex? Berikut daftarnya dikutip Sportskeeda:

2 of 6

1. Nemanja Matic

Liga Champions, Manchester United, Sevilla
Gelandang Manchester United, Nemanja Matic, tampak kecewa usai disingkirkan Sevilla dari Liga Champions di Stadion Old Trafford, Selasa (13/3/2018). Manchester United takluk 1-2 dari Sevilla. (AP/Dave Thompson)

Manchester United dengan cerdik cuma membayar uang 40 juta pounds untuk mendatangkan Nemanja Matic dari Chelsea. Uang itu boleh dibilang murah berkat aksinya di lini tengah Red Devils

United saat ini mencatat rekor pertahanan terbaik di liga dan Matic menjadi kuncinya. Setan Merah membutuhkan pengganti Michael Carrick pada 2017 dan Matic mengambil pekerjaan itu dengan istimewa.

Matic di musim pertamanya bersama Setan Merah telah menjadi pemain yang konsisten. Dia telah membuat 48 penampilan untuk klub musim ini.

3 of 6

2. Eric Bailly

Manchester United Libas Everton di Old Trafford
Pemain Manchester United, Eric Bailly berebut bola pada laga pekan kelima Liga Inggris 2017/2018 di Stadion Old Trafford, Minggu (17/9). Tanpa ampun, Everton dipermak Red Devils dengan skor 0-4. (AP Photo/Rui Vieira)

Eric Bailly tiba di Old Trafford sebagai rekrutan pertama Jose Mourinho sebagai bos United pada 2016. Dari penampilan pertamanya di liga, dia sudah menyakinkan fans.

Dia menghabiskan 30 juta poundsterling yang merupakan investasi bagus buat United. Bek asal Pantai Gading itu dikenal karena kekuatan, kecepatan, tekad dan keberaniannya.

Pemain berusia 23 tahun itu sering dipuji sebagai penerus Nemanja Vidic di klub. Dia mungkin hanya membuat 16 penampilan di semua kompetisi musim ini. Cedera menghambat konsistensi dan kemajuannya.

4 of 6

3. Romelu Lukaku

Manchester United-Tottenham
Penyerang MU, Romelu Lukaku berebut bola dengan pemain Tottenham Hotspur, Ben Davies saat bertanding pada semifinal Piala FA di stadion Wembley di London, (21/4). MU menang atas Tottenham 2-1. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Romelu Lukaku tiba di United dalam kesepakatan 75 juta pounds dari Everton. Tanggung jawabnya adalah dia untuk mengisi posisi Zlatan Ibrahimovic di klub.

Dia mencetak tujuh dalam tujuh penampilan pertamanya musim ini. Tampaknya seolah-olah Setan Merah akhirnya memiliki striker bernomor 9 impian .

Namun, hal itu berubah secara dramatis kala ia mengalami kekeringan gol, mencetak satu gol dalam 11 penampilan. Perjuangannya akhirnya berbuah manis setelah melengkapi daftar 27 gol di semua kompetisi, sejauh ini.

5 of 6

4. Juan Mata

Manchester United, Premier League, Swansea City
Pelatih Manchester United, Jose Mourinho memberikan masukan kepada Juan Mata saat melawan Swansea pada laga Premier League di Old Trafford, (31/3/2018). Manchester United menang 2-0. (Anthony Devlin/PA via AP)

Mata merupakan salah satu rekrutan paling sukses di era David Moyes. Dia telah mencetak 32 gol dalam 132 penampilan untuk Setan Merah dan memberikan 50 assist.

Dia bergabung dengan Manchester United pada jendela transfer Januari musim 2013/14 dari Chelsea untuk mencari lebih banyak waktu permainan. Ini adalah satu-satunya positif yang dibawa oleh David Moyes. United membayar hampir 37 juta pounds untuk mengamankan jasanya.

Ketika Jose Mourinho mengambil alih klub pada 2016, dia diprediksi akan meninggalkan klub karena kesempatan bermain yang cukup tipis. Namun, dia menjadi pilihan yang dapat diandalkan untuk manajer dengan semangat juangnya. Mata sangat penting musim ini. Dia telah mencetak tiga gol dan menciptakan enam assist untuk timnya dalam 38 penampilan sejauh ini.

6 of 6

5. Ander Herrera

Manchester United-Tottenham
Gelandang Manchester Untied, Ander Herrera (kiri) melakukan selebrasi bersama rekan-rekanya usai mencetak gol ke Tottenham Hotspur pada semifinal Piala FA di stadion Wembley di London, (21/4). MU menang atas Tottenham 2-1. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Gelandang Spanyol itu bergabung dengan Setan Merah pada tahun 2014. Dia menjadi aset tak ternilai untuk United dan ditempatkan di berbagai peran lini tengah.

Herrera tampil begitu istimewa pada musim pertama Jose bertugas di United. Ia memenangkan penghargaan Pemain Terbaik klub pada 2016.

Belakangan banyak klub besar mengincarnya, termasuk FC Barcelona. United jelas harus mempertahankan bakatnya itu. Faktanya dia belum menyetujui kesepakatan baru di klub sampai saat ini. (Eka Setiawan)

Lanjutkan Membaca ↓