MotoGP: Hasil di Jerez Bikin Bos Michelin Girang

Oleh Liputan6.com pada 11 Mei 2018, 11:40 WIB
Diperbarui 13 Mei 2018, 11:13 WIB
Valentino Rossi

Liputan6.com, Jakarta Manajer Michelin Piero Taramasso mengaku puas dengan kinerja ban selama para pembalap motor di tiga kelas berbeda mengaspal di MotoGP Jerez, Spanyol, akhir pekan kemarin. Tak hanya menyaksikan kemenangan ke-400 di kelas utama, perusahaan asal Prancis tersebut juga melihat catatan menarik yang ditorehkan pembalap Honda.

Catatan pertama dicetak Cal Crutchlow (LCR Honda) yang sukses menetapkan rekor lap baru dengan 1 menit 37.653 detik di kualifikasi jelang MotoGP Jerez. Ini merupakan kali pertama pembalap satelit Honda berhasil mengambil pole position sejak di Silverstone pada 2016 lalu.

Masih dari pembalap Honda. Kabar baik lainnya datang dari Marc Marquez. Joki dari tim Repsol Honda itu sukses menggenapi kemenangan ke-400 bagi Michelin di kelas utama. Hasil positif itulah yang membuat Taramasso girang.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada semua tim dan semua pendahulu kami saat kami mencapai pencapaian luar biasa ini dengan mencetak 400 kemenangan Grand Prix di kelas utama. Ini adalah prestasi luar biasa. Saya sangat bangga menjadi bisa bagian dari kejuaraan," ujar Taramasso seperti dikutip dari GPOne, Jumat (11/5/2018).

"Akhir pekan ini telah menjadi langkah besar lainnya bagi kami. Sirkuit Jerez selalu menjadi trek yang kehilangan pegangan saat suhu naik dan bahkan dengan aspal baru ini adalah kasusnya. Tetapi kami membawa berbagai ban yang kami tahu bisa mengatasi masalah ini dan itu terbukti menjadi kabar bahagia. Kami melihat perlombaan yang baik dan sekali lagi sebagian besar senyawa yang kami pasok digunakan, dengan tiga pengendara depan semuanya memiliki variasi yang berbeda dan empat pabrikan berbeda yang menyelesaikan di posisi teratas," Taramasso.

2 of 3

Atur Strategi

Johann Zarco, MotoGP
Pembalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco mengamankan podium kedua MotoGP Spanyol 2018 di Sirkuit Jerez. (JAVIER SORIANO / AFP)

Taramasso menjelaskan ketersediaan berbagai ban memudahkan tim dan pembalap untuk mengatur strategi dengan baik selama balapan di MotoGP Jerez. Ini semakin menggarisbawahi bahwa ban Michelin memenuhi syarat.

"Balapan di Jerez merupakan langkah yang sangat penting, karena kami memecahkan rekor lap langsung. Ini semakin membenarkan bahwa ban balap juga bekerja sebagai ban yang memenuhi syarat dan memberi pengendara pilihan yang optimal," tukas Taramasso.

3 of 3

Daftar Pemenang

Berikut Daftar Pemenang Michelin di Kelas Utama

1. Jack Findlay di Tourist Trophy 1973

2. Barry Sheene mencetak kemenangan di Assen 1975

3. Freddie Spencer meraih kemenangan di Misano 1984

4. Kemenangan ke-100 dicetak Wayne Gardner di Brasil pada 1987.

5. Kemenangan ke-200 oleh Mick Doohan di Brasil.

6. Kemenangan ke-300 diraih Sete Gibernau di Assen pada tahun 2003.

7. Kemenangan ke-400 dicetak Marc Marquez di Sirkuit Jerez pada 2018. (David Permana)

Lanjutkan Membaca ↓