Sukses

MotoGP: Zarco Punya Masalah yang Sama seperti Rossi

Zarco dan Rossi punya rapor yang berbeda pada MotoGP Spanyol.

Liputan6.com, Jerez - Meski baru berlangsung empat seri, MotoGP 2018 sudah bisa dibilang berjalan lebih baik dari musim lalu bagi Johann Zarco. Bahkan, pembalap Yamaha Tech 3 itu saja meraih dua hasil bagus beruntun.

Pertama, Zarco dinaungi keberuntungan pada MotoGP Spanyol 2018 di Sirkuit Jerez. Kesuksesannya mengamankan podium kedua MotoGP Spanyol tak lepas dari insiden yang menimpa para pesaingnya.

Saat balapan menyisakan delapan putaran, secara tiba-tiba terjadi tabrakan beruntun yang melibatkan Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, dan Andrea Dovizioso. Tak ada pembalap yang dihukum karena Race Director memutuskan bahwa itu adalah insiden dalam balapan, bukan kesalahan individu.

Terlepas dari hal itu, insiden tersebut membuat Zarco secara tiba-tiba naik ke posisi kedua MotoGP Spanyol. Posisi tersebut mampu diamankan Zarco hingga menyentuh garis finis. Ia terpaut 5,241 detik dari Marc Marquez yang merebut podium juara.

Satu hari setelah balapan MotoGP Spanyol, para pembalap melakoni sesi tes di Sirkuit Jerez. Dalam tes tersebut, Zarco tampil sebagai yang tercepat dengan waktu 1 menit 37,730 detik. Ia unggul 0,217 detik atas pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow.

"Saya cepat di flying lap dan lebih konsisten dalam hal kecepatan. Itu normal karena Senin selalu lebih santai. Saya tak memiliki apa pun untuk diuji, tapi saya mencoba bekerja pada pengaturan dan elektronik," ujar Zarco, dikutip Speedweek.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tetap Berjuang

Berbeda dengan Zarco, dua pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales, terus memperlihatkan indikasi buruk. Di MotoGP Spanyol, Rossi finis di urutan kelima dan Vinales ketujuh.

Dalam tes, Vinales terlihat sedikit lebih baik dengan menempati posisi keempat setelah terpaut 0,409 detik dari Zarco. Sedangkan The Doctor ada di urutan ke-10 usai terpaut 0,943 detik dari Zarco.

"Saya memiliki masalah yang sama dengan mereka. Saat balapan, saya berjuang dengan akselerasi dari belokan yang lambat dan mencoba untuk meningkatkan. Saya telah belajar banyak dan bersenang-senang saat balapan. Sekarang kami perlu melihat apakah perubahan yang dilakukan akan bekerja di trek lain juga," Zarco menegaskan.

 

3 dari 3 halaman

Rapor Zarco di Semua Kelas

125cc: 50 balapan, 1 menang, 11 podium, 4 pole, 5 fastest lap, 371,5 poin

Moto2: 88 balapan, 15 menang, 30 podium, 15 pole, 7 fastest lap, 1.010 poin

MotoGP: 22 balapan, 0 menang, 5 podium, 3 pole, 4 fastest lap, 212 poin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.