5 Calon Tandem Virgil Van Dijk di Liverpool

Oleh Liputan6.com pada 06 Mei 2018, 19:00 WIB
Diperbarui 08 Mei 2018, 18:13 WIB
Liverpool, Virgil Van Dijk

Liputan6.com, Liverpool - Sampai saat ini, lini pertahanan Liverpool masih jadi sorotan. Merekrut Virgil van Dijk memang jadi keputusan tepat yang diambil manajemen The Reds. Namun, ia masih membutuhkan rekan yang sepadan di jantung pertahanan.

Van Dijk direkrut Liverpool dari Southampton pada bursa transfer musim dingin 2018 dengan biaya 75 juta pounds. Kedatangan Van Dijk mampu memperbaiki pertahanan Liverpool yang sempat menjadi sorotan. Bahkan pemain berusia 26 tahun tersebut bisa membawa tim barunya tersebut menembus final Liga Champions musim ini.

Meskipun begitu, pertahanan Liverpool masih bisa dibilang belum sempurna. Van Dijk membutuhkan rekan duet yang bagus agar lini belakang mereka tampil solid dalam setiap pertandingan.

Berikut ini lima bek tengah yang bisa dipertimbangkan Liverpool pada musim panas 2018 seperti dilansir Sportskeeda:

 

2 dari 6 halaman

1. James Tarkowski

Chelsea, Premier League, Burnley
Bek Burnley, James Tarkowski, mendapat kartu kuning saat melawan Chelsea pada laga Premier League di Stadion Turf Moor, Jumat (20/4/2018). Burnley takluk 1-2 dari Chelsea. (AP/Anthony Devlin)

Setelah berada di Burnley selama tiga musim, Tarkowski telah berkembang menjadi defender kelas atas di bawah bimbingan Sean Dyche. Bertugas menggantikan Michael Keane yang bergabung dengan Everton di musim panas, Tarkowski mampu melampaui ekspektasi dengan penampilan yang meyakinkan di jantung pertahanan.

Tarkowski tampil cukup bagus dan membantu The Clarets mengemas 10 clean sheet di semua kompetisi musim ini. Ia sejauh ini sudah memainkan 31 pertandingan untuk Burnley.

Penampilan cemerlangnya di Turf Moor musim ini membuat Tarkowski mendapat panggilan memperkuat timnas Inggris. Pemain berusia 25 tahun tersebut berpeluang besar dibawa Gareth Southgate ke Rusia.

 

3 dari 6 halaman

2. Milan Skriniar

Inter Milan, Milan Skriniar
Inter Milan mematok harga tinggi untuk bek andalan mereka, Milan Skriniar. (MARCO BERTORELLO / AFP)

Milan Skriniar sudah berkembang menjadi salah satu bek tengah yang paling dicari di Eropa sejak bergabung dengan Inter Milan. Ia ditebus dengan biaya yang dikabarkan mencapai 20 juta euro dari Sampdoria pada musim panas.

Penampilan Skriniar yang mengesankan di jantung pertahanan Inter Milan membuatnya dikaitkan tim elit Eropa. Manchester United, Barcelona dan Real Madrid dikabarkan tertarik mendapatkan servisnya.

Pemain Slovakia tersebut menjadi bagian dari pertahanan Inter Milan yang hanya kebobolan 26 gol dalam 35 pertandingan di Serie A. Pada 23 tahun, Skriniar punya masa depan yang cerah dan bisa bermain di Anfield untuk dekade berikutnya.

 

4 dari 6 halaman

3. Kalidou Koulibaly

Juventus-Napoli
Bek Napoli, Kalidou Koulibaly melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Juventus pada lanjutan Liga Serie A Italia di Stadion Allianz di Turin (22/4). Kalidou Koulibaly mencetak gol di menit 90. (AFP Photo/Marco Bertorello)

Kalidou Koulibaly sudah berkembang menjadi bek kelas dunia sejak bergabung dengan Napoli pada 2014 dari Racing Genk dengan biaya sekitar 6,5 juta pounds. Penampilan impresifnya di jantung pertahanan Napoli membuatnya dikaitkan dengan sejumlah klub elit Eropa.

Bek Senegal ini membentuk duet yang tangguh bersama bek veteran Spanyol Raul Albiol untuk Napoli musim ini. Mereka hanya kebobolan 26 gol dalam 35 pertandingan di Serie A.

Koulibaly merupakan bagian penting dari pertahanan pasukan Maurizio Sarri dan membantu timnya menjadi penantang gelar Scudetto musim ini. Ia bermain 43 kali untuk Napoli sejauh ini dan timnya berada di posisi kedua dengan tertinggal empat poin dari pimpinan klasemen Juventus.

 

5 dari 6 halaman

4. Toby Alderweireld

toby alderweireld
Bek Tottenham Hotspur asal Belgia, Toby Alderweireld. (AFP/Glyn Kirk)

Toby Alderweireld sudah berkembang menjadi salah satu bek terbaik di Premier League sejak bergabung dengan Tottenham pada 2015 dari Atletico Madrid. Bek Belgia ini memberikan dampak yang instan untuk The Lilywhites dan masuk dalam PFA team of the year pada musim 2015/16.

Alderweireld sudah membuat lebih dari 100 penampilan di semua ajang kompetisi untuk Tottenham selama tiga musim di London. Namun, musim ini dia diganggu oleh cedera sehingga hanya mampu tampil dalam 18 pertandingan.

Kontrak Alderweireld akan berakhir pada musim panas 2019 dan dia bisa dijual pada musim panas. Dengan pengalaman bermain di Premier League dan Liga Champions, Alderweireld dapat membuat dampak yang besar di Liverpool bersama bek termahal di dunia Virgil van Dijk.

 

6 dari 6 halaman

5. Lucas Hernandez

Lucas Hernandez
Lucas Hernandez (AFP)

Lucas Hernandez adalah bek muda yang menjanjikan. Ia bisa berkembang menjadi bek tengah terbaik di dunia bersama Virgil dan berada di jantung pertahanan Liverpool selama beberapa dekade.

Klopp punya rekam jejak memberikan peluang kepada pemain muda dan Lucas bisa menjadi salah satu pemain muda yang berkembang di bawah asuhan manajer Jerman tersebut. Berusia 19 tahun, bek muda Prancis ini telah mengumpulkan 44 penampilan di semua kompetisi untuk Atletico Madrid musim ini dengan 24 penampilan di La Liga.

Penampilan impresifnya untuk tim asuhan Diego Simeone musim ini membuatnya mendapat panggilan memperkuat Prancis dan melakukan debutnya untuk Les Blues dalam pertandingan persahabatan melawan Kolombia. Pindah ke Liverpool bisa meningkatkan permainan Lucas dan tampil hebat di Premier League.

Sumber: Bola.net

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Agnes Keleti, Atlet Peraih Medali Olimpiade Tertua