Andritany Absen 3 Bulan, Kualitas Kiper Cadangan Persija Meragukan?

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 05 Mei 2018, 19:40 WIB
Diperbarui 07 Mei 2018, 19:13 WIB
Andritany Ardhiyasa

Liputan6.com, Jakarta - Tiga kiper berpeluang untuk menggantikan posisi Andritany Ardhiyasa sebagai kiper utama Persija Jakarta. Penjaga gawang berusia 26 tahun tersebut harus absen selama tiga bulan setelah mengalami patah tulang pipi dan pergeseran tulang penyangga mata saat membela Timnas Indonesia U-23 di turnamen Anniversary Cup melawan Uzbekistan.

Kans Daryono dan Rizky Darmawan sebagai pengganti Andritany lebih besar dibanding Gianluca Pagliuca Rossy. Selain masih berusia 19 tahun, nama terakhir baru bergabung dengan Persija di musim ini.

Daryono dan Rizky telah lima dan tiga musim berseragam Persija. Tapi, jam terbang keduanya tidak memadai untuk menjadi penjaga gawang utama tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut.

Ambil contoh penampilan di musim lalu. Daryono hanya mencatatkan 34 menit bermain untuk Persija kala menghadapi Sriwijaya FC. Adapun, Rizky berkontribusi lebih baik karena pernah sekali bermain penuh ketika melawan Borneo FC di putaran kedua.

Pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco menolak penilaian negatif terhadap dua kipernya yang bakal diplot sebagai pengganti Andritany itu. Arsitek asal Brasil tersebut percaya Daryono dan Rizky dapat menjadi penjaga gawang tangguh untuk tiga bulan ke depan.

"Tidak ada masalah. Mereka memang jarang bermain. Tapi, saat diberikan kesempatan bermain, mereka tampil bagus sekali," ujar Teco.

2 of 3

Kesiapan Kiper Pengganti

Rizky Darmawan
Rizky Darmawan baru memulai debut bersama Persija di Liga 1. (twitter.com/Persija_Jkt)

Persija akan mengahadapi Home United pada leg pertama babak semifinal AFC Cup Zona Asean di Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (8/5/2018). Terkait pengganti Andritany sebagai kiper utama, Macan Kemayoran belum menentukan pilihan.

Pelatih kiper Persija, Ahmad Fauzi mengatakan bahwa peluang Daryono dan Rizky untuk mengawal gawang Persija melawan Home United sama besarnya. Maka dari itu, pemilihan kiper utama belum dapat diputuskan pada saat ini.

"Secara keseluruhan dua kiper siap untuk menggantikan Andritany yang terkena musibah kemarin. Kita lihat kondisi keduanya untuk pertandingan besok (melawan Home United), untuk menentukan siapa yang akan diturunkan," kata Fauzi.

3 of 3

Diputuskan H-1

Terkait pengganti Andritany untuk melawan Home United, bakal diputuskan pada Senin (7/5/2018) atau sehari sebelum pertandingan. Menurut Fauzi, kiper yang memiliki keunggulan psikologis dan mental, bakal diplot sebagai starter.

"Secara keseluruhan, dua-duanya siap. Semua kita lihat dari teknik, terutama mental, ini kan AFC Cup. Kita main di luar. Siapa yang mentalnya terbaik, kita juga lihat secara psikologis," tutur Fauzi.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by