Sukses

Kalah Pengalaman, Liverpool Tak Gentar Hadapi Real Madrid

Liverpool mengakui bahwa Real Madrid lebih unggul dalam hal pengalaman.

Liputan6.com, Roma - Perjalanan panjang sekaligus berat Liverpool kini telah menghasilkan tiket final Liga Champions 2017/2018. Sukses itu didapat setelah mereka menyingkirkan AS Roma di semifinal dengan agregat 7-6.

Pada leg kedua semifinal Liga Champions di Stadio Olimpico, Kamis (3/5/2018) dinihari WIB, Liverpool memang kalah 2-4 dari AS Roma. Gol Sadio Mane di menit kesembilan dan Gregory Wijnaldum ke-25 dibalas bunuh diri James Milner ke-15, gol Edin Dzeko ke-52, dan Radja Nainggolan ke-86, penalti ke-90+4.

Untungnya, tim besutan Jurgen Klopp itu sudah terlebih dulu memiliki modal bagus berupa kemenangan 5-2 pada leg pertama di Anfield. Kini, The Reds akan menantang juara bertahan Real Madrid pada final yang dihelat di NSK Olimpijs'kyj, 26 Mei 2018.

Secara kualitas, jelas Liverpool berada di bawah Real Madrid. Apalagi jika bicara pengalaman. Madrid adalah tim yang mampu merebut tiga gelar juara Liga Champions dalam empat musim terakhir. Klopp pun mengakui hal itu. Namun, bukan berarti Klopp mengaku takut kepada Los Blancos.

"Anda tak bisa lebih berpengalaman di kompetisi ini dibandingkan Real Madrid. Saya pikir 80 persen tim mereka telah bermain di semua final dalam empat musim terakhir dan mereka masih bersama. Jadi, jika bicara soal pengalaman, mereka sangat pengalaman dan kami tidak," ujar Klopp, dilansir situs Liverpool.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fokus Liga Inggris

Ya, bagi Liverpool, melaju ke final Liga Champions adalah kesempatan langka yang mereka miliki. Tercatat, terakhir kali mereka tampil di final adalah musim 2006/2007. Itu saat mereka menyerah 1-2 dari AC Milan.

Untuk kesempatan kali ini, perjalanan yang mereka lalui pun begitu panjang. Finis di urutan keempat klasemen Liga Inggris 2016/2017 membuat mereka harus tampil dari babak playoff. Berbagai lawan kuat pun sudah dihadapi. Sebelum bertemu Roma, mereka sempat bentrok dengan Sevilla, FC Porto, dan Manchester City.

"Kami sangat menantikannya, tapi sebelum itu kami harus bermain di Liga Inggris. Itulah pekerjaan pertama yang harus kami lakukan. Kami akan memiliki waktu dua pekan untuk mempersiapkan final dan kami akan memanfaatkan waktu itu," jelas Klopp.

 

3 dari 3 halaman

Liverpool Road to Final

Playoff

Hoffenheim 1-2 Liverpool

Liverpool 4-2 Hoffenheim

Fase Grup

Liverpool 2-2 Sevilla

Spartak Moscow 1-1 Liverpool

Maribor 0-7 Liverpool

Liverpool 3-0 Maribor

Liverpool 7-0 Spartak Moscow

16 Besar

Porto 0-5 Liverpool

Liverpool 0-0 Porto

Perempat Final

Liverpool 3-0 Manchester City

Manchester City 1-2 Liverpool

Semifinal

Liverpool 5-2 AS Roma

AS Roma 4-2 Liverpool

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.