Ini Pembagian Pot Undian Piala AFF 2018

Oleh Aning Jati pada 30 Apr 2018, 18:09 WIB
Diperbarui 30 Apr 2018, 18:09 WIB
Piala AFF
Perbesar
Ilustrasi Piala AFF. (Bola.com/AFF Suzuki Cup)

Jakarta AFF telah menjadwalkan pengundian fase penyisihan grup Piala AFF 2018 digelar pada Rabu (2/5/2018). Indonesia mendapat kehormatan sebagai tuan rumah acara ini, yang bakal digelar di Hotel Mulia, Jakarta,

Sebanyak 10 tim dipastikan bersaing menjadi yang terbaik di Piala AFF 2018. Piala AFF, seperti diketahui merupakan turnamen paling bergengsi di level timnas senior yang diselenggarakan AFF (regional Asia Tenggara), minus Australia.

Meski berstatus anggota AFF, Australia tak ikut ambil bagian dalam turnamen ini. Beberapa negara juga harus terlebih dulu menjalani fase play-off, yakni negara berperingkat ke-10 dan ke-11 di AFF.

Sementara anggota AFF berperingkat pertama hingga kesembilan, langsung masuk ke putaran final. Sembilan negara itu yakni, Thailand, Indonesia, Vietnam, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Kamboja, dan Laos.

Satu peserta terakhir, masih menanti pemenang duel play-off antara Brunei Darussalam kontra Timor Leste, yang akan dipertandingkan pada September 2018.

Mulai Piala AFF 2018, AFF menerapkan aturan baru. Beberapa di antaranya adalah penggunaan format kandang-tandang sejak fase penyisihan grup. Hal ini berbeda dari edisi sebelum-sebelumnya, di mana format kandang-tandang baru diterapkan mulai semifinal.

Perubahan merupakan hasil evaluasi penyelenggaraan Piala AFF 2016. Saat itu, pertandingan yang tidak melibatkan tim tuan rumah, kurang bisa menyedot animo penonton.

Nantinya, dari 10 tim peserta dibagi ke dalam dua grup, masing-masing dihuni lima tim sehingga setiap tim akan menjalani dua laga tandang dan dua laga kandang dalam fase penyisihan.

Juara dan runner-up grup berhak melaju ke semifinal dan bersua juara serta runner-up dengan grup lain dengan sistem silang, juga dalam format tandang-kandang.

Sebelum pengundian grup dilakukan, sekadar mengingatkan, berikut ini adalah pembagian pot pengundian grup Piala AFF 2018. Sebagai catatan, Pot 1 dihuni tim unggulan, yakni Thailand dan Vietnam sehingga keduanya dipastikan tak akan berada di grup sama.

2 dari 2 halaman

Pembagian pot pengundian grup Piala AFF 2018

Para pemain Timnas Indonesia merayakan gol yang dicetak Hansamu Yama ke gawang Thailand pada laga final leg pertama Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Jawa Barat, Rabu (14/12/2016). Indonesia menang 2-1 atas Thailand. (Bola.com/Peksi Cahyo)

Pembagian pot pengundian grup Piala AFF 2018:

Pot 1: Thailand, Vietnam

Pot 2: Indonesia, Malaysia

Pot 3: Filipina, Myanmar

Pot 4: Singapura, Kamboja

Pot 5: Laos, Brunei Darussalam atau Timor Leste

Lanjutkan Membaca ↓