Sukses

Lolos ke Semifinal AFC Cup, Persija Berharap PT LIB Mundurkan Jadwal kontra Perseru

Persija berhasil lolos ke babak semifinal Zona ASEAN AFC Cup.

Liputan6.com, Jakarta - Keberhasilan Persija Jakarta lolos ke babak semifinal Zona ASEAN AFC Cup 2018 berujung kepadatan jadwal. Tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut harus bermain tujuh kali pada Mei mendatang.

Persija akan mengalami masalah saat harus bertanding dua kali dalam kurun waktu dua hari. Pertama, Macan Kemayoran bakal menantang Perseru Serui pada pekan ketujuh Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak, 6 Mei nanti. Selang dua hari kemudian, armada Stefano Cugurra Teco telah ditunggu Home United pada semifinal Zona ASEAN AFC Cup di Singapura.

Sesuai regulasi AFC Cup, Persija diharuskan telah berada di markas lawan dua hari sebelum bermain, atau 6 Mei. Tapi di tanggal itu, Macan Kemayoran harus berhadapan dengan Perseru.

Maka dari itu, Persija meminta keringanan dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 untuk mengubah jadwal pertandingan kontra Perseru. Sehingga, Macan Kemayoran dapat mengikuti regulasi AFC Cup untuk tiba di Singapura pada dua hari sebelumnya.

"PT LIB mengerti bahwa dengan lolosnya kita di AFC Cup, tidak diperhitungkan mereka. Pada saat kita lolos, bertambah dua pertandingan, dan waktunya berhimpitan dengan pertandingan lokal (Liga 1)," ujar Direktur Utama Persija, I Gede Widiade.

"Mereka (PT LIB) mengupayakan untuk mencari solusi terbaik karena AFC Cup kita membawa nama bangsa. Tapi, lokal (Liga 1) juga tidak dapat diabaikan. Tapi, yang lokal (Liga 1) juga jangan sampai merugikan tim lain," katanya menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minta Solusi

Gede meminta solusi dari PT LIB untuk memecahkan jadwal pada Persija. Pengusaha asal Surabaya tersebut berharap, operator kompetisi dapat sesegera mungkin membuat keputusan.

"Ini yang sedang dipecahkan oleh PT LIB. Jadi, saya sangat berterima kasih, PT LIB sangat merespons. Kita cuma tinggal mengikuti saja. Kita tidak akan mempersulit apa yang diputuskan oleh PT LIB. Kita akan loyal," imbuh Gede.

"Jadi, kita sudah meminta kemudahan kepada PT LIB. Kita seharusnya memiliki lima partai di (Mei), tapi sekarang ada tujuh. Mohon petunjuk kalau memang dijalankan, ya jalankan. Kalau memang itu mau digeser, ya kapan," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Jadwal Persija di Mei 2018

6 Mei 2018: Perseru Serui vs Persija Jakarta (Liga 1)

8 Mei 2018: Home United vs Persija Jakarta (AFC Cup)

12 Mei 2018: Persija Jakarta vs Madura United (Liga 1)

15 Mei 2018: Persija Jakarta vs Home United (AFC Cup)

20 Mei 2018: Persela Lamongan vs Persija Jakarta (Liga 1)

25 Mei 2018: Persija Jakarta vs Persipura Jayapura (Liga 1)

30 Mei 2018: Barito Putera vs Persija Jakarta (Liga 1)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.