Sukses

Barcelona Mengikis Real Madrid di Liga Spanyol

Barcelona terus mengejar perolehan trofi Real Madrid di Liga Spanyol.

Liputan6.com, Barcelona - Sepuluh tahun lalu, Barcelona baru mendapatkan 18 gelar trofi juara Liga Spanyol. Musim 2008/2009, Josep Guardiola memulai kebangkitan Barcelona yang prestasinya sempat naik turun.

Guardiola membuat gebrakan. Dia melambungkan pemain-pemain muda La Masia, seperti Gerard Pique, Andres Iniesta, Xavi Hernandez, Lionel Messi, dan Pedro Rodriguez.

Nama-nama tersebut menandai hegemoni Barcelona di Liga Spanyol. Pada musim pertamanya, Guardiola langsung merebut enam gelar sekaligus, yaitu La Liga, Piala Raja, Piala Super Spanyol, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Guardiola memasang fondasi yang kokoh tapi sekaligus ketergantungan. Selama empat musim bersama Guardiola, Barcelona bergelimang prestasi. Barcelona juga membuat rival terberat, Real Madrid, sewot.

Bagaimana tidak, meski memboyong banyak pemain mahal, Real Madrid kerap nihil gelar. Ini tentu menjadi aib bagi klub sebesar Real Madrid yang kerap mendominasi di sepak bola Spanyol maupun dunia.

Sebelum era Guardiola, Barcelona harus akui dominasi Real Madrid. Sepuluh tahun lalu, Real Madrid sudah mengoleksi 31 trofi juara Liga Spanyol, sedangkan Barcelona baru 18 kali.

Namun, setelah itu, Barcelona sukses merebut gelar 7 kali dalam 10 tahun. Sementara Real Madrid hanya menambah dua kali gelar Liga Spanyol, yaitu pada 2011/2012 dan 2016/2017.

"Buat saya, La Liga itu kompetisi paling sulit. Itu karena di Piala Raja dan kompetisi yang menganut sistem knock out lainnya, satu kali main Anda langsung keluar. Di kompetisi ini, Anda harus punya konsistensi," kata pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, seperti dikutip Marca.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

25 Trofi Spesial

Trofi juara Liga Spanyol yang ke-25 terasa spesial bagi Barcelona. Ini artinya, Barcelona hanya terpaut delapan gelar lagi dari Real Madrid di Liga Spanyol.

Hegemoni Barcelona dalam satu dekade terakhir tak pelak dipengaruhi oleh generasi emas La Masia. Gerard Pique, Sergio Busquets, Jordi Alba, dan Lionel Messi generasi emas La Masia yang memengaruhi prestasi Barcelona di satu dekade ini.

Meskipun bergonta-ganti pelatih, generasi emas La Masia memengaruhi alur persaingan juara di Liga Spanyol antara Real Madrid dan Barcelona. Yang paling berpengaruh tentu saja Lionel Messi.

La Pulga merupakan roh sekaligus boleh disebut penentu kesuksesan Barcelona pada satu dekade terakhir. Bersama Barcelona, Messi sudah mencetak 550 gol atau 381 di antaranya dicetaknya di Liga Spanyol.

Dengan dua gelar musim ini, Messi sudah mengoleksi 32 gelar bersama Barcelona. Jumlah ini sama dengan jumlah trofi yang didapatkan Andres Iniesta.

Namun, Messi berpeluang untuk terus menambah gelar dan menjadi pengoleksi gelar terbanyak sepanjang masa di Barcelona. Meski begitu, Messi menyisakan satu penyesalan.

Meski menjuarai La Liga, Messi menyesal gagal mempersembahkan gelar treble winner untuk Andres Iniesta. Gelandang berusia 33 tahun itu telah memutuskan meninggalkan Barcelona pada akhir musim.

"Saya sungguh malu dengan Iniesta. Kami sudah kehilangan dua simbol klub, Mascherano dan Xavi Hernandez, sekarang giliran Iniesta," kata Messi, dikutip dari Football Espana.

"Rasanya saya seperti membungkuk (pada musim ini). Kami gagal di Liga Champions dan Iniesta meninggalkan kami tidak dengan gelar treble. Namun, saya rasa dia akan pergi dengan cara yang mengesankan juga."

3 dari 3 halaman

Dominasi Eropa

Barcelona memang mendominasi Liga Spanyol dalam satu dekade terakhir dibandingkan Real Madrid. Klub rival terberat Barcelona ini justru seperti lebih fokus ke Eropa.

Bagaimana tidak, dalam empat musim terakhir, Real Madrid sukses merebut tiga trofi Liga Champions. Hanya Barcelona yang mengganggu dominasi Real Madrid pada 2014/2015.

Sebenarnya, Barcelona juga cukup bagus di Liga Champions pada satu dekade terakhir. Barcelona juga sudah merebut tiga trofi Liga Champions yaitu 2008/2009, 2011/2012 dan 2014/2015.

Sayang, di dua musim terakhir, Barcelona selalu terhenti di perempat final. Itu termasuk saat Barcelona disingkirkan secara tragis oleh AS Roma gara-gara produktivitas gol tandang.

Kini, Real Madrid di ambang cetak hattrick di Liga Champions. Madrid hanya butuh menang di dua laga lagi, yaitu leg kedua semifinal Liga Champions melawan Bayern Munchen dan partai final melawan Liverpool atau AS Roma.

Meski agak menurun di Eropa, Lionel Messi tetap memandang dominasi Barcelona di Liga Spanyol sebagai berkah.

"Kita tahu betapa sulitnya memenangkan gelar La Liga. Itulah mengapa kami harus menilai ini dan merayakannya secara pantas dengan seluruh fans," kata Messi.

"Ini gelar yang spesial bagi kami karena kami belum terkalahkan. Kami mengalami masa-masa sulit dan kami melewati itu tanpa merasakan rasa kekalahan dan itu luar biasa," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.