Terungkap, Ritual Cristiano Ronaldo Sebelum dan Sesudah Bertanding

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 30 Apr 2018, 15:30 WIB
Diperbarui 02 Mei 2018, 15:13 WIB
Real Madrid Jelang Hadapi Bayern Munchen

Liputan6.com, Madrid - Pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo punya ritual unik sebelum pertandingan. Ritual ini rupanya selalu berhasil membawa ketenangan untuknya.

Seperti diberitakan media Spanyol, Don Balon Rosa, Cristiano Ronaldo mengaku selalu mendengarkan alunan musik. Karena hal itu, Ronaldo selalu terlihat menggunakan earphone saat tiba di stadion.

"Banyak pemain yang mendengarkan musik sebelum memulai permainan. Mereka menjadikannya sebagai ritual, begitupun dengan saya," ujar pria berusia 33 tahun tersebut.

"Musik membuat saya santai. Jadi, sebelum pertandingan saya selalu mendengarkan musik," kata Ronaldo.

Darah bermusik, kata Ronaldo, mengalir dalam keluarganya. Sang kakak, Katia Aveiro merupakan penyanyi terkenal di Portugal.

"Saya hanya bisa bernyanyi sedikit saja. Kakak saya yang penyanyi. Ketika tinggal di Madeira, saya pergi untuk melihat pertunjukan musik tradisional, di tempat ayah saya bekerja," ucap Cristiano Ronaldo menegaskan.

2 dari 3 halaman

Ritual Setelah Pertandingan

Liga Champions, Selebrasi, Real Madrid
Striker Real Madrid, Cristiano Ronaldo. (AFP/Oscar Del Pozo)

Setelah pertandingan, Ronaldo biasanya langsung mandi. Ini merupakan salah satu terapi eks Manchester United itu untuk melepaskan otot-ototnya yang tegang.

Ronaldo menyebut aktivitasnya ini dengan "terapi mandi kontras". Pertama, dia bakal menghabiskan waktu sekitar lima menit dengan berendam air panas.

Setelah itu, Ronaldo melompat ke bak mandi air dingin dan berendam selama tiga menit. Proses terebut dilakukan berulang selama 30 menit.

Usai "terapi mandi kontras", Ronaldo tak membiarkan dirinya rileks dan tertidur. Sebagai gantinya, pemain timnas Portugal itu melanjutkannya dengan berenang. Ronaldo akan berenang selama 20 menit untuk memulihkan kondisi tubuhnya.

3 dari 3 halaman

Ritual Penutup

Ronaldo lalu menyudahinya dengan menghabiskan lima menit di pemandian Turki. Aktivitas ini akan membantu Ronaldo untuk tenang dan rileks setelah masa aktivitas yang begitu intens; dia akan beristirahat.

"Mereda dan beristirahat adalah bagian penting dari rutinitas sehari-hari dan memungkinkan saya tampil ke level tertinggi dalam profesi saya dan memperpanjang karier saya," papar Ronaldo.

Lanjutkan Membaca ↓
Keren, Game MotoGP 20 Terlihat Nyata dan Realistis