Sukses

Honda Lebih Percaya Diri Bersaing di MotoGP 2018

Pembakap Honda Repsol, Marc Marquez masih memimpin klasemen sementara MotoGP musim ini.

Liputan6.com, Jerez - Direktur Olahraga LCR Honda, Oscar Haro, mengklaim motor RC213V sudah menunjukkan eksistensinya di ajang MotoGP musim ini. Ini setidaknya terbuktid dari kemenangan yang direbut pembalapnya yakni Cal Crutchlow (Argentina) dan Marc Marquez (Austin).

Haro melihat penampilan pembalap di tiga seri awal MotoGP, Honda telah menemukan komposisi sempurna dalam pengembangan motor RC213V. Para mekanik sepertinya telah menemukan keseimbangan antara sasis, mesin, dan perangkat elektronik.

"Saya pikir Honda telah menemukan keseimbangan antara sasis, mesin, dan elektronik yang menjadikannya motor terbaik di grid," kata Haro dikutip dari Motociclismo, Senin (30/4/2018).

Haro menambahkan dibandingkan dengan musim lalu, Honda berhasil memulai musim 2018 lebih baik. Itu merujuk dari penampilan Marquez di tiga balapan awal.

Saat ini Marquez berada di peringkat kedua klasemen pembalap MotoGP dengan raihan 45 poin. Sementara musim lalu, pembalap Spanyol itu hanya mendulang 38 poin.

Haro menekankan keberhasilan ini tak lepas dari perangkat elektronik yang telah dikembangkan para mekanik di musim ini.

"Memiliki perangkat elektronik yang memungkinkan pembalap membuka gas dengan baik. Sementara tahun lalu, motor selalu mengalami masalah di sini," tambah Haro.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Swingarm Serat Karbon

Salah satu yang menjadi keunggulan motor Honda dibanding lainnya, terletak pada swingarm serat karbon yang dikembangkan oleh Honda. Haro menuturkan ini merupakan kemajuan yang telah dirasakan pembalap, meskipun masih ada beberapa kelemahannya.

"Kami telah coba dua setengah karbon swingarms dengan Aprilia. Benar bahwa bagian belakang lebih ringan, tetapi di sisi lain itu juga mengubah cengkeraman ban," kata Haro. 

"Lebih baik bahwa Marc dan Dani mengembangkannya dan kemudian ketika giliran kami, kami dapat menggunakan informasi itu," ungkap Haro.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.