5 Transfer Terbaik MU Sejak Era 2000-an

Oleh Liputan6.com pada 28 Apr 2018, 08:20 WIB
Diperbarui 28 Apr 2018, 08:20 WIB
Sejarah Nomor 7 di Manchster United, Cristinao Ronaldo

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) dikenal selalu memiliki strategi transfer hebat di era Sir Alex Ferguson. Beberapa yang datang dengan harga murah malah menjelma menjadi legenda hidup tim sejak era 2000-an.

Cristiano Ronaldo yang didatangkan dari Sporting CP dengan mahar 12,24 juta pounds contohnya. Dia datang pada 2003 sebagai pemain muda dan lantas menjadi pemain kelas dunia dengan memenangi 3 gelar Liga Inggris, Liga Champions, Piala Dunia Antar-klub, hingga dua Piala Liga.

Bahkan, MU meraup untung banyak setelah menjualnya pada 2009. Rekor pemecahan transfer dunia dikeluarkan Real Madrid untuk datangkan si pencetak 118 gol dalam 292 bersama MU itu.

Nah selain Ronaldo, ada lima transfer terbaik MU sejak era 2000-an. Siapa saja? Berikut daftarnya dikutip Sokka:

 

 

 

 

 

2 dari 6 halaman

5. Nemanja Vidic - 2005 dari Spartak Moscow

Nemanja Vidic (GLYN KIRK / AFP)

Vidic pindah ke Manchester United pada 5 Januari 2006 dari Spartak Moscow dengan transfer senilai 7 juta pounds saja. Secara cepat, dia langsung buktikan diri sebagai salah satu bek terbaik yang pernah mengawal pertahanan United.

Duetnya dengan Rio Ferdinand merupakan perpaduan yang kokoh dan memegang rekor 14 clean-sheet secara berturut-turut di musim 2008-09. Sebagai kapten tim selama empat tahun, Vidic tampil bak jenderal permainan Red Devils.

Koleksi gelarnya cukup banyak di sana. Dia meraih 5 gelar Liga Inggris, 3 di antaranya berturut-turut, 1 Liga Champions, 1 Piala Dunia Antar-klub dan 3 medali Piala Dunia. Vidic pernah dinobatkan empat kali masuk PFA Team of Year.

3 dari 6 halaman

4. Michael Carrick - 2006 dari Tottenham

Michael Carrick (AFP/Paul Ellis)

Manchester United merekrut Michael Carrick dari Tottenham Hotspur pada musim panas 2006. Mantan bintang West Ham United itu dibawa untuk menggantikan Roy Keane di jantung lapangan.

Carrick bukanlah gelandang agresif yang sama seperti mantan pemain timnas Irlandia itu. Tapi dia telah menjadi pemain yang sangat andal di lini tengah.

Sejak 2006, banyak jasa yang dilakukan Carrick untuk Red Devils, termasuk 5 gelar Liga Inggris.

4 dari 6 halaman

3. Wayne Rooney - 2004 dari Everton

Wayne Rooney (AFP/Oli Scarff)

Wayne Rooney saat ini memegang rekor pencetak gol terbanyak Manchester United sepanjang masa, meski sudah pindah ke Everton. Pemain berusia 32 tahun itu melampaui penghitungan gol legenda United, Sir Bobby Charlton pada 2016-17.

Rooney mengakhiri kariernya di Manchester United dengan 253 gol sebelum kembali ke tim masa kecilnya. Mantan kapten Inggris dan United itu juga merupakan pencetak gol kedua tertinggi Liga Inggris di belakang mantan striker Blackburn Rovers, Alan Shearer.

Tak cuma itu, Wazza juga jadi pencetak gol terbanyak United di Eropa dengan mengalahkan striker Belanda, Ruud van Nistelrooy.

5 dari 6 halaman

2. David de Gea - 2011 dari Atletico Madrid

David de Gea (AFP/Glyn Kirk)

David de Gea saat ini dianggap sebagai salah satu kiper terbaik di dunia. Kiper asal Spanyol itu direkrut sebagai pengganti Edwin van der Sar yang pensiun dari sepak bola pada 2011.

De Gea bergabung dengan United pada musim panas 2011 dari Atletico Madrid saat baru berusia 20 tahun. Pada usia 27 tahun, dia menjelma jadi kiper yang sangat andal di Old Trafford.

Rumor mengatakan bahwa De Gea menuntut gaji 375 ribu pounds per pekan untuk menandatangani kesepakatan jangka panjang baru dan menolak tawaran dari Real Madrid. Berdasarkan penampilannya musim ini, Manchester United akan bodoh jika tidak menyetujui tuntutannya.

6 dari 6 halaman

1. Paul Pogba - 2016 dari Juventus

Gelandang Manchester United, Paul Pogba (AP Photo/Matt Dunham)

Paul Pogba saat ini memegang rekor transfer untuk Manchester United. Sang gelandang bergabung kembali dengan Setan Merah di musim panas 2016 dari Juventus dengan rekor dunia 89 juta pounds.

Gelandang Prancis itu memiliki banyak tekanan dari media dan pendukung lawan. Namun belakangan dia mulai bisa membuktikan kelihaiannya.

Dia kini memiliki semua yang dibutuhkan oleh seorang gelandang. Dia bisa menembak dengan baik, memiliki jangkauan passing sangat bagus dan bahkan bisa bertahan dengan baik. Karena itu Pogba dianggap sebagai gelandang lengkap saat ini.

Eka Setiawan

Lanjutkan Membaca ↓