Rhino X Triathlon 2018 di Tanjung Lesung Bakal Lebih Menantang

Oleh Defri Saefullah pada 25 Apr 2018, 22:30 WIB
Rhino X Triathlon

Liputan6.com, Jakarta - Lomba triathlon berkonsep cross triathlon, Rhino X Triathlon bakal kembali digelar di Tanjung Lesung pada 29-30 September 2018. Ini merupakan edisi kedua setelah sebelumnya digelar tahun lalu.

Panitia Pelaksana Rhino X Triathlon menjanjikan lomba yang lebih menantang. Itu karena jarak serta rute yang akan dipakai untuk lomba tahun ini bakal berbeda.

Event Director Rhino X-Tri 2018, Tense Manalu membenarkan event kali ini bakal berbeda. Selain itu, penyelenggara juga mencoba membuat lomba lebih internasional.

"Penyelenggaraan Rhino X-Tri tahun ini tentu menawarkan tantangan dan keseruan baru. Berbeda dengan tahun sebelumnya, ajang cross triathlon menampilkan kategori jarak yang lebih jauh. Selain itu di ajang Rhino Trail Run, kompetisi tahun ini di kelas Ultra 50km akan disiapkan untuk masuk ke rangkaian kalender event berskala internasional, Asian Trail Master 2020. Tahun ini verifikasi dan uji cobanya," katanya.

Rhino X-Tri digelar berbarengan dengan sport tourism event lainnya yaitu Rhino Trail Run dan Rhino MTB XCM (Rhino Mountain Bike Cross Country Marathon). Untuk menjaring peserta lebih luas di wilayah Asia dan sekitarnya, Panitia Pelaksana menggandeng Kuai Sports Promotions, sebuah konsultan event olahraga yang berbasis di Hong Kong sebagai mitra promosi event.

"Awalnya Rhino X Triathlon bakal digelar 19 dan 20 September. Namun karena ini berbarengan dengan triathlon di Beijing dan Singapura, kami undur jadi 29 dan 30 September. Kami membidik 100 atlet triathlon di Asia di Rhino X Tri tahun ini," kata Managing Director PT. Banten West Java (Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Lesung) & Chief of OC, Rully Lasahido.

 

 

2 of 3

Kategori Lomba

Rully Lasahido
Chief of OC Rhino X Triathlon, Rully Lasahido (kiri) saat meneken kerjasama dengan Kuai Sports Promotions untuk Rhino X Triathlon (istimewa)

Rhino X-Tri digelar dalam 3 kategori yaitu Eagle yang akan mempertandingkan nomor renang 1500 meter, balap sepeda 30 kilometer dan lari 15 kilometer. Sementara kategori Rhino melombakan nomor renang 1000 meter, balap sepeda 20 kilometer dan lari 10 kilometer serta kategori Bull yang melombakan renang 500 meter, balap sepeda 10 kilometer dan lari 5 kilometer.

Di ajang Rhino Mountain Bike XCM akan dipertandingkan kategori-kategori; Men Elite, Women Open, Men Open dan Men Master. "Pendaftaran dimulai pada 12-13 Mei 2018 nanti, tapi saat ini kurang lebih total sudah ada 100 orang yang sudah mendaftar," kata Technical Manager Rhino X-Tri 2018, Taufik Hidayat.

Taufik juga mengatakan, peserta yang terbiasa triathlon konvensional tak perlu ragu ikut Rhino X Tri. Kendala biasanya terjadi saat beradaptasi dengan sepeda mountain bike.

"Nanti akan diadakan coaching clinic satu hari sebelum lomba bersama komunitas. Pokoknya jangan khawatir, karena peserta juga bisa gunakan cycle cross yang tak jauh beda dengan mountain bike," ujar Taufik.

3 of 3

Optimistis

Rhino X Triathlon
Bersepeda di lintasan sulit dan sempit harus dilewati peserta Rhino X Triathlon (istimewa)

Panitia optimistis Rhino X Tri tahun ini bakal lebih ramai peserta. Itu karena persiapan sudah digelar jauh-jauh hari, tidak seperti di tahun sebelumnya.

"Kita mempercepat persiapan dibandingkan tahun lalu. Dulu kami melakukan persiapan Juli, sekarang April sudah dipersiapkan," kata Rully.

Sementara itu, salah satu atlet triathlon, Agung Utara mengaku tak sabar untuk mengikuti Rhino X Triathlon 2018. Dia berharap hadiah bakal lebih besar.

"Yang pasti lebih excited dan semoga hadiahnya lebih besar," kata dia.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
Tragedi Kabut Asap