Mulai Sering Tampil di MU, McTominay: Terima Kasih Mourinho

Oleh Ahmad Fawwaz Usman pada 26 Apr 2018, 06:00 WIB
Diperbarui 26 Apr 2018, 06:00 WIB
Scott McTominay, Manchester United (MU)
Perbesar
Scott McTominay, Manchester United (MU) (AP Photo/Rui Vieira)

Liputan6.com, Manchester - Scott McTominay mendapat kesempatan memperkuat tim utama Manchester United (MU) pada musim 2017/2018. Ini adalah perkembangan signifikan jika dibandingkan kinerjanya musim lalu.

Peningkatan McTominay di MU tak lepas dari jasa Jose Mourinho. Bagaimanapun, Mourinho adalah sosok yang memberikannya kesempatan debut bersama tim utama. Semua dimulai pada momen 30 April 2017.

Saat itu, McTominan masuk dalam daftar pemain cadangan melawan Swansea City di ajang Liga Inggris. Lalu, ia mendapatkan penampilan pertamanya sebagai pengganti saat melawan Arsenal, 7 Mei 2017. Setelah itu, ia tampil sebagai starter pada laga akhir musim MU melawan Crystal Palace, 21 Mei 2017.

Jika di musim lalu ia hanya dua kali tampil bersama MU, nasib yang lebih baik didapat di musim ini. Secara keseluruhan, ia telah dimainkan dalam 20 pertandingan di semua kompetisi. Gelandang berusia 21 tahun itu pun merasa berutang kepada Mourinho.

"Ketika saya pertama kali masuk tim, ia (Mourinho) mengatakan bahwa para pemain harus menyukai saya. Ini adalah salah satu hal terpenting saat masuk ke ruang ganti baru. Anda harus jadi orang menyenangkan dan bergaul dengan semua orang. Itu membuat saya bertahan dengan baik," kata McTominay, dikutip Manchester Evening News.

 

2 dari 3 halaman

Puji Mourinho

Manchester United, Tottenham Hostpurs, Piala FA
Perbesar
Pelatih Manchester United, Jose Mourinho memberikan arahan kepada timnya saat melawan Tottenham pada semifinal Piala FA di Wembley stadium, London, (21/4/2018). MU menang 2-1. (AP/Frank Augstein)

Jika melihat perjalanan kariernya, McTominay memang layak mendapat kesempatan untuk membuktikan kemampuannya. Itu karena ia sudah jadi bagian dari akademi The Red Devils sejak 2002 hingga mendapatkan kesempatan masuk ke tim utama pada 2017.

Kini, perjuangan kerasnya sudah terbayar. Karena semakin sering tampil di MU, ia pun sudah mengoleksi satu caps bersama Timnas Skotlandia. Hal itu jelas menambah modal kepercayaan diri McTominay untuk bersaing secara kompetitif dengan para gelandang MU.

"Jose Mourinho benar-benar luar biasa bagi saya tahun ini. Ia sangat membantu saya dalam hal apa yang bisa saya lakukan. Saya jadi lebih rendah hati, jadi lebih baik di sesi latihan, dan jadi orang yang lebih baik secara umum. Ia adalah pelatih yang punya keyakinan untuk memainkan saya," jelas McTominay.

 

3 dari 3 halaman

Data Diri McTominay

Nama lengkap: Scott Francis McTominay

Kebangsaan: Skotlandia

Kelahiran: Lancaster, Inggris, 8 Desember 1996

Tinggi/berat: 193 cm/88 kg

Kaki: Kanan

Posisi: Gelandang

Lanjutkan Membaca ↓