Sukses

Semifinal AFC Cup Zona ASEAN: Persija Tak Pilih Lawan

Persija berhasil menjadi jawara Grup H AFC Cup 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta berhasil melaju ke babak semifinal Piala AFC 2018 Zona ASEAN. Tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut berstatus sebagai juara Grup H dengan perolehan 13 poin.

Di partai terakhir Grup H melawan Tampines Rovers, Selasa (24/4/2018), Macan Kemayoran unggul 4-2. Armada Stefano Cugurra Teco masih menunggu lawan di babak empat besar Zona Asean.

Persija berpeluang untuk berjumpa tiga tim di fase knock out. Mereka adalah Yangon United (Myanmar, Grup G), Ceres Negros (Filipina, Grup F), dan Home United (Singapura, Grup F). Kedua grup tersebut belum memainkan partai terakhirnya di babak penyisihan.

Di babak semifinal Zona ASEAN, Persija tidak ingin memilih lawan. Pasalnya, tiga klub tersebut dinilai memiliki ketangguhan yang setara.

"Kami sudah bekerja keras di Piala AFC dan lolos. Kita tinggal nunggu drawing saja dan semoga hasilnya bagus karena kita tidak bisa memilih calon lawan," ujar pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco.

"Semua calon lawan pasti bagus karena sudah melalui pertandingan yang cukup berat di babak penyisihan," kata arsitek berusia 43 tahun ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Regulasi Piala AFC

Piala AFC tahun ini terbagi ke dalam sembilan grup. Klub-klub yang berasal dari Asia Tenggara menempati Grup F hingga Grup H.

AFC juga membagi sembilan grup tersebut ke tiga zona yang meliputi ASEAN, Zona Inter, dan Asia Barat. Lalu di babak knock out, terbagi pula ke dalam tiga bagan.

Hanya masing-masing juara grup dan satu runner-up terbaik Zona ASEAN yang dapat lolos ke babak berikutnya. Dari tiga grup Asia Tenggara, baru Persija yang telah memastikan diri melaju ke babak semifinal Zona ASEAN.

Setelah melewati babak semifinal dan final Zona ASEAN, klub Asia Tenggara akan menghadapi wakil Zona Inter di babak play-off semifinal. Jika unggul dalam dua leg, maka akan melaju babak play off final. Apabila lolos dalam babak ini, otomatis klub tersebut berhasil melangkah ke babak final Piala AFC dan akan bertemu dengan wakil dari Zona Asia Barat.

3 dari 3 halaman

Bantai Tampines

Teco membocorkan rahasai timnya dapat berpesta gol ke gawang Tampines. Namun dalam pertandingan itu, Macan Kemayoran terpaksa kehilangan Jaimerson Xavier yang menderita cedera engkel.

"Terima kasih atas pujiannya. Tim kami menang karena bermain kompak. Para pemain sudah bekerja keras dan hasil 2-4 adalah hal yang fair meski kami kehilangan Jaime di babak pertama karena cedera engkel," imbuh Teco mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.