Sukses

Soal Taktik, Jurgen Klopp Terinspirasi Sir Alex Ferguson

Apa takik yang Sir Alex Ferguson yang ingin diterapkan Jurgen Klopp?

Liverpool - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, mengakui menerapkan taktik yang dipakai Sir Alex Ferguson saat masih menangani Manchester United. Taktik itu pula yang bakal dipakai Klopp saat bersua AS Roma, di Stadion Anfield, Selasa (24/4/2018) atau Rabu dini hari WIB.

Liverpool mendulang tiga gol hanya dalam tempo 19 menit ketika bersua Manchester City pada leg pertama perempat final Liga Champions. Lini serang yang agresif membuat The Reds melaju ke empat besar karena unggul agregat 5-1 atas sang lawan.

Klopp menganggap startegi itu merupakan taktik yang kerap diterapkan Ferguson pada era 1990 sampai 2000-an. Ketika itu, Manchester United dikenal tidak pernah memberikan kesempatan bagi lawan untuk mendulang gol.

"Ada sesuatu yang diterapkan Ferguson ketika membesut Manchester United. Dalam waktu tertentu, mereka selalu bisa dua kali mendulang gol. Gol dan gol? Itu memang kesempatannya. Cetak gol sekali, kemudian lakukan kembali. Gunakan momentum dalam pertandingan," kata Klopp.

"Kami tentu saja berbicara mengenai hal tersebut. Kami juga ingin menggunakan taktik itu, tapi Anda harus mencetak gol. Skuat ini adalah tim yang sangat antusias. Pada momen terbaik, permainan mereka sangat bagus untuk dilihat," ujar Klopp.

Klopp kemudian mengimbau kepada anak-anak asuhnya untuk tidak membuang momentum saat berjumpa AS Roma. Sang manajer menegaskan kans bermain di semifinal Liga Champions adalah fenomena langka.

"Apakah saya membuat tekanan yang begitu tinggi? Saya mengatakan kepada pemain Liverpool ini adalah satu-satunya kesempatan. Mereka hanya miliki kesempatan ini sekali dalam hidup, gunakan kesempatan itu sebaik mungkin," ucap Jurgen Klopp.

Sumber: Sky Sports

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.